Masyarakat Gili Meno Gelar Unjuk Rasa Tolak PT TCN, Minta KPK Segera Usut Tuntas

Lombok Utara, Grafikanews.com -Masyarakat Dusun Gili Meno, Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang Lombok Utara (KLU) menggelar aksi unjuk rasa di depan bangunan konstruksi PT Tiara Citra Nirwana (TCN). Aksi tersebut bertujuan untuk menolak PT penyuplai air tersebut masuk ke Gili meno karena diduga merusak lingkungan, bahkan masyarakat mendorong agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera mengusut tuntas kasus ini. 

"Kami masyarakat gili meno menolak PT TCN masuk ke Gili meno karna mereka sudah merusak lingkungan kami dan kami ingin pemerintah mengalirkan pipa bawah laut seperti di Gili Air ke Gili Meno, " Ungkap salah seorang warga Gili Meno Hery pada wartwan, (10/10). 

"Kita juga mendorong KPK untuk segera mengusut tuntas kasus ini agar Pariwisata kita bisa diselamatkan dari kerusakan akibat aktifitas PT TCN ini, " Imbuhnya. 

Hery menegaskan, aksi demo yang dilakukan masyarakat Gili Meno ini viur gerakan masyarkat yang geram karena lambatnya proses instalasi air bersih oleh pemerintah, bahkan masyarakat tidak melihat ada solusi yang kongkrit dari pemerintah untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat di Gili Meno. 

"Kita di sini (Gili Meno. Red) bukan kerisis air lagi tapi sudah darurat air. Sudah banyak bahkan sudah belasan ternak warga yang mati karna tidak ada air bahkan kalau kelamaan tidak ada air bersih bisa-bisa kami yang mati, " tegas Hery. 

Hery mengatakan, yang di inginkan masyarakat saat ini agar pemerintah menghentikan aktifitas pembangunan PT. TCN di Gili Meno, dan untuk memenuhi kebutuhan air, masyarakat ingin pipa yang ada di Gili Air di sambung ke Gili Meno.


Tuntutan ini lanjut Hery semata-mata untuk menjaga wilayah pariwisata yang ada di Gili Meno karena, warga tidak ingin apa yang terjadi di Gili Trawangan terjadi juga di sini, sebab, warga sudah menyaksikan sendiri bahwa aktifitas PT. TCN di Gili Trawangan sudah berdapak pada kerusakan alam bawah laut. 

"Sudah jeles-jelas kita lihat bahwa mereka (PT.TCN.red) sudah merusak lingkungan, bukan menduga lagi, jadi bergeraklah hati masyarakat untuk melakukan aksi demo tadi, "ujarnya.

Menurutnya, hadirnya KPK di Gili merupakan angin segar bagi masyarakat karena warga sendiri sudah geram dengan pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh PT TCN yang hingga saat ini belum ada tindakan untuk membersihkan. 

" Merak bilang akan menyedot lumpur-lumpur yang sudah mencemari lingkungan kami tapi sampai saat ini belum ada tindakan, kami masyarakat Gili Meno mendukung penuh KPK untuk mengusut tutas kasus ini, "tandasnya.(Eza).

Tags: