SMPN 3 Gerung, Selipkan “Aksi Bergizi” Di Kurikulum Sekolah

Kepala Sekolah SMPN 3 Gerung

Grafika News - Lombok Barat – SMPN 3 Gerung, sekolah yang terletak di Desa Kebun Ayu Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Hari ini, Senin (20/01/2020) Kepala Sekolah SMPN 3 Gerung H. Halil, S.Pd, M.Pd kepada Grafika News ia menuturkan terkait perkembangan sekolah yang dipimpinnya. “Pertama, sekolah ini memiliki icon sebagai sekolah sehat, sekolah ini adalah juara satu sekolah sehat tingkat Kabupaten Lombok Barat” tuturnya.

Kepala sekolah yang baru 6 bulan memimpin SMPN 3 Gerung ini juga bercerita terkait aktifitas belajar-mengajar. “Guru-guru kami datang dibawah jam 7, kami menyambut dan menyalami anak-anak kami di gerbang, hal ini telah berlangsung selama 6 bulan terakhir, tentu sebagai kepala sekolah saya harus memberi keteladanan sebagai yang paling awal datang, dan kemudian pulang untuk yang terakhir,” ujar Halil.

Kedua, Halil menyampaikan bahwa SMPN 3 Gerung akan memulai uji coba UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dan Ujian Semester Menggunakan Media (HP Android) untuk pertama kalinya. Hal ini dijelaskan Halil, adalah upaya penyesuaian dengan kemajuan teknologi di bidang pendidikan serta percepatan kemajuan dibidang Pendidikan. “Kami juga belajar dari sekolah-sekolah yang telah lebih dahulu menerapkannya” tandasnya.

Selain itu, SMPN 3 Gerung sedang berbenah di bidang prestasi non akademik, baik olahraga maupun seni. “Di bidang seni, kami telah mengirim perwakilan siswa dalam acara pagelaran tari nusantara di stadion Gelora Bung Karno, pada Desember 2019 kemarin. Di bidang olahraga, ada kolam lompat jauh yang sudah kami benahi, juga dengan sepuluh ekstra kulikuler yang ada di sekolah, seperti silat, pramuka, seni dan lain-lain terus kami tingkatkan sebagai penunjang aktifitas positif siswa di sore hari,” ulasnya.

Ditemui di tempat yang sama, Dra. Siti Aisyah, Humas SMPN 3 Gerung juga menuturkan beberapa hal terkait kemajuan sekolah. “Semenjak kami di bidik sebagai sekolah sehat perwakilan Kecamatan Gerung di kabupaten, kami telah melakukan beberapa kerja sama dengan berbagai pihak. Salah satunya bank sampah. Kami mengolah sampah, membuat ecobreak. Kami juga mencoba membangun komunikasi dengan Dinas Perhubungan kabupaten terkait zona aman sekolah, dan masih kami tindak lanjuti ke pihak provinsi,” tandasnya.


Selain itu, yang terbaru hari ini adalah Aksi Bergizi Lombok Barat. Program Aksi Bergizi ini adalah program dari UNICEF yang melibatkan dua daerah, yakni Kabupaten Klaten dan Kabupaten Lombok Barat. Untuk Kabupaten Lombok Barat, lanjut Halil, kunjungan tahun 2019 di percayakan ke SMPN 3 Gerung. “Kami sudah mengikuti pelatihan selama 5 hari pada 15-19 Juli kemarin,” ungkapnya.

Sebagai tindak lanjut kegiatan itu, Kepala Sekolah SMPN 3 Gerung melalui kurikulumnya menyelipkan program kegiatan Aksi Bergizi. Melalui program aksi bergizi ini, siswa diajarkan untuk sarapan bersama di area sekolah pada setiap hari rabu. “Siswa kami membawa bekal dari rumah dan sarapan bersama setiap hari rabu, kemudian di ikuti dengan minum TTD (Tablet Tambah Darah_red) untuk pengentasan stanting. Program aksi bergizi dan minum TTD ini juga untuk mengurangi angka anemia pada siswa dan menekan pola prilaku yang tidak sehat.

Aisyah juga menambahkan, pihak sekolah telah menerima Email dari UNICEF terkait permintaan untuk mengikuti lomba serta meminta untuk mengirim beberapa hal terkait itu. Selain itu, Tim dari UNICEF juga mengabarkan, pada tanggal 5 Februari Mendatang Menteri Kesehatan RI akan berkunjung ke SMPN 3 Gerung . “Adapun sekarang, kami sedang berbenah dan terus menjalin komunikasi ke beberapa pihak guna mempersiapkan sekolah untuk menyambut kedatangan menteri kesehatan RI,” tutupnya. (Yyt / Eff)

Tags: