PLN UIP Nusra Jalani Prosesi Adat Takung Wae Teku bersama Masyarakat Adat Poco Leok

Mataram, Grafikanews.com - PT PLN (Persero) dalam tiap hajat dan tahapan pekerjaan selalu menjunjung tinggi adat istiadat masyarakat setempat. Hal demikian juga diterapkan oleh unit PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra) dalam menyalurkan bantuan sanitasi kepada 127 KK di sekitar kawasan pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulumbu 5-6 di Poco Leok, Manggarai, NTT, Agusutus 2024.

Pada kegiatan penyaluran bantuan infrastruktur air bersih yang berada di Desa Lungar, tepatnya di Ulu Wae Wara ini, PT PLN (Persero) UIP Nusra bersama masyarakat adat Desa Lungar melangsungkan prosesi adat _takung wae teku_ di sekitar aliran sungai lokasi pembenahan akses air bersih.

Prosesi adat ini dilakukan warga Manggarai bersama perwakilan PT PLN (Persero) UIP Nusra untuk memohon restu kepada leluhur yang menjaga sumber mata air agar air yang digunakan dapat terus mengalir dan bermanfaat bagi masyarakat.

Pelaksanaan prosesi adat ini merupakan manifestsi dari pentingnya keberadaan sumber air bagi masyarakat Manggarai. Bahkan, air menjadi satu dari 5 prinsip hidup masyarakat Manggarai yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Selain _wae bate teku_ (air sebagai sumber kehidupan), adapun ruang prinsip lainnya bagi masyarakat Manggarai, yakni _mbaru bate ka'eng_ (rumah sebagai tempat tinggal), _uma bate duat_ (kebun sebagai tempat bekerja), _natas bate labar_ (halaman sebagai tempat bermain), dan _compang bate takung_ (altar sebagai tempat persembahan).

Dalam tiap pengerjaan pembangunan infrastruktur kelistrikan ataupun program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), PT PLN (Persero) UIP Nusra selalu menghormati keberadaan masyarakat adat dengan pendekatan humanis yang menjunjung prinsip-prinsip hidup masyarakat adat Manggarai.


PT PLN (Persero) UIP Nusra yang kini telah berstatus _asa kae_ (saudara) bagi masing-masing gendang di Poco Leok, sudah beberapa kali berpartisipasi dalam ragam upacara adat masyarakat setempat, seperti _penti_; bentuk syukur masyarakat Manggarai kepada Tuhan dan leluhur atas hasil panen.

Warga Gendang Lale, Poco Leok, juga pernah menyambut rombongan pegawai PT PLN (Persero) UIP Nusra dalam prosesi adat _tuak curu_ dan _manuk kapu_ yang merupakan rangkaian dari prosesi _penti_ sebagai bentuk dukungan masyarakat terhadap rencana pengembangan PLTP Ulumbu 5-6 di Poco Leok.

"Sejak awal kami menerima secara adat. Dan, pihak PLN sudah menerima adat dari kami. Sangat luar biasa. (Sekarang) Kami menganggap orang PLN itu sudah seperti anak kami," ucap tokoh adat Desa Wewo, Petrus Mararaget.

Di samping itu, sebagai bentuk izin pembangunan terhadap masyarakat terdampak, PT PLN (Persero) UIP Nusra telah melangsungkan prosesi adat _tabe gendang_ atau sosialisasi secara adat kepada sejumlah gendang sekitar lokasi geothermal.

"Partisipasi PLN terhadap adat masyarakat Manggarai merupakan wujud penghormatan PLN kepada masyarakat adat sekaligus sebagai bentuk permohonan izin untuk memasuki suatu daerah atau wilayah sebelum melaksanakan aktivitas di lapangan," ucap General Manager (GM) PT PLN (Persero) UIP Nusra.

PLN, kata GM Abdul Nahwan berkomitmen untuk menghormati tata nilai daerah dan menjaga kelestarian serta kebersihan lingkungan di mana PLN hadir. [Red]

Tags: