Pemkab Lobar Gelar Karnaval Hijratul Rasul Isi Tahun Baru Islam 1445 H


Giri Menang, Grafikanews.com - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) menggelar Karnaval Hijratul Rasul untuk menyemarakkan pergantian Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah, Selasa (18/7). 

Kabag Kesra Lobar H. Maksum, S.Pd., M. Pd. mengatakan, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Pemkab Lobar) mengadakan berbagai macam Kegiatan untuk menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah  diawali dengan Pawai atau Karnaval Hijratul Rasul dan dilanjutkan dengan Tausiyah Agama oleh TGH. Lalu Ahmad Zainuri, Doa Akhir Tahun, Sholat Maghrib Berjamaah dan Doa Awal Tahun. 

"Untuk kegiatan lainnya ada Pasar Murah, Lomba Hadrah, Salakaran, Bersanji dan Lomba Mewarnai yang dilaksanakan pada Selasa hingga Jum'at (18-21 Juli 2023) di Bencingah Kantor Bupati Lobar," katanya. 

Sementara itu Bupati Lobar H. Fauzan Khalid dalam sambutannya mengharapkan agar kedepan  kegiatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah seperti ini bisa lebih meriah lagi. 

"Sesuai dengan biasa setiap pergantian tahun itu kita melakukan semacam muhasabah atau evaluasi terhadap apa yang sudah kita lakukan untuk kemudian kita perbaiki di tahun berikutnya yang mulai dijalani pada malam ini," ujar Bupati Fauzan. 

Menurut dia, lebih-lebih dengan penanggalan bulan Islam dengan semangat hijrahnya Rasulullah SAW bersama para sahabatnya dari Kota Mekkah ke Madinah. 


"Sayidina Umar menggunakan peristiwa Hijrah Rasulullah SAW sebagai penanggalan bulan Islam karena didalamnya terdapat peristiwa yang bersifat sosial dimana Rasulullah SAW melakukan hijrah dari Kota Mekkah ke Madinah bersama para sahabat," jelasnya. 

Selain itu, kata dia, kalau melihat hijrah ini lebih bersifat sosial dan kalau peristiwa yang lain seperti hari lahir dan isra mi'raj lebih bersifat personal. 

"Dan nampak bisa kita nilai ada mobilitas fisik. Ini saya kira isyarat dalam setiap pergantian tahun kita harus bergerak kedepan.Bergerak untuk lebih maju dan bergerak untuk lebih baik," tuturnya. 

Dia juga berharap, sesuai dengan semangat hijrah, Kabupaten Lombok Barat ini mudah-mudahan semakin kolaboratif, sinergis dan semangat sosial terus lebih baik. 

Diakhir sambutannya dia mengucapkan terimakasih kepada Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Lombok Barat atas kerjasamanya sehingga terlaksana kegiatan ini. (Red)

Tags: