Pemdes Guntur Macan Berencana Ubah Bukit Tandus Jadi Destinasi Camping Ground di Bukit Pendem

Lombok Barat, Grafikanews.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Guntur Macan, Kecamatan Gunungsari bersama masyarakat setempat berencana mengubah bukit tandus di wilayah Dusun Ladungan menjadi destinasi wisata Camping Ground Bukit Pendem, yang menawarkan pemandangan alam dari ketinggian.

"Masyarakat dengan niat dan semangatnya mengubah bukit pendem di Dusun Ladungan yang selama ini tidak dikelola dengan maksimal ini bisa menjadi tempat wisata atau embrio wisata, yang nantinya bisa menjadi destinasi wisata unggulan di Desa Guntur Macan," kata Kades Guntur Macan Najamuddin, di Bukit Pendem, Selasa (24/10). 

Menurut dia, semangat masyarakat Desa Guntur Macan untuk mengelola dan mengembangkan destinasi wisata Bukit Pendem dijadikan Camping Ground itu, bertujuan untuk menumbuhkan ataupun meningkatkan pendapatan dengan menggarap potensi wisata alam yang ada di perbukitan Guntur Macan itu.

"Kita untuk sementara bukan fokus di camping ground aja dan bisa dikatakan di Desa Guntur Macan ini banyak potensi yang bisa dikembangkan seperti air terjun geripak dan tebu belo. Dan sekarang saya temukan hal-hal yang menarik di Desa Guntur Macan terutama di Bukit Pendem yang sementara ini seperti yang katakan tadi sangat minim Sumber Daya Manusia (SDM). Kalau masalah Sumber Daya Alam (SDA) Insya Allah luar biasa," katanya. 

Dia menuturkan, bagaimana cara untuk mengembangkan pariwisata dengan potensi yang dimiliki untuk dijadikan destinasi.

"Caranya ini yang masih bingung. Bahkan kalau caranya kami temukan bagaimana untuk pendanaannya itu. Tetapi kami sudah berkoordinasi dengan Pak Sekdes dan semua Perangkat Desa bagaimana kedepannya untuk camping ground kita anggarkan untuk dibersihkan dengan sistem gotong royong dan mungkin kita adakan camping tersebut dengan mengundang teman-teman semua," harapnya. 


Dia mengatakan, destinasi ini nantinya yang menjadi daya tarik dan menantang adalah camping ground yang berada di atas perbukitan dengan view pemandangan alam yang indah. (Ndy)

Tags: