Pastikan Jajanan Siswa Bergizi, SMPN 1 Narmada Gagas Kantin Terpusat

Kantin terpusat SMPN 1 Narmada dalam Proses Persiapan

Grafika News – Lombok Barat – Setiap Sekolah Lazimnya memiliki kantin sekolah sebagai tempat siswa-siswi dan guru jajanan disela proses belajar mengajar.

Namun belum banyak sekolah yang menekankan kantin sekolah untuk menyediakan makanan bergizi Berstandar UNESCO bagi warga sekolah.

SMPN 1 Narmada melalui Kepala Sekolahnya, Zulkifli, MPd saat ini sedang menyiapkan kantin terpusat dengan konsep terpadu. Kantin ini nantinya akan tekankan untuk menyediakan makanan yang bergizi bagi siswa.

“Saat ini, kita sedang menyiapkan kantin terpusat untuk warga sekolah. Makanan yang akan dijual disana akan dikontrol kualitasnya. Ini sebagai perwujudan dari program aksi bergizi dari departemen kesehatan dan UNESCO termasuk WHO” beber Zulkifli di ruang kerjanya, (Selasa, 05/05/2020)

Pihaknya berpendapat, anak-anak harus dikenalkan sejak dini cara hidup sehat melalui makanan yang ada disekolah

“Paling tidak anak-anak sudah mengenal stantar kesehatan Untuk makanan yaitu 4P (Pemanis, Penguat Rasa, Pewarna dan Penyedap)” imbuhnya.


Selain itu, Dirinya menilai, dengan adanya kantin terpusat, sekolah juga dapat lebih mudah untuk mengontrol pergerakan siswa pada jam efektif dan pemusatan sampah

“Dengan fasilitas seperti tempat duduk yang cukup dan tempat sampah agar sampah tidak tercecer keluar area kantin” ungkapnya (Gus)