Pasca Banjir Bandang di Lombok Barat, Bupati Fauzan Tegaskan Bantuan Sudah Turun

Giri Menang, Grafikanews.com - Hari kedua pasca banjir bandang di dua Kecamatan yakni Kecamatan Batulayar dan Gunungsari, Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid, Selasa (7/12) kembali turun meninjau wilayah terdampak banjir di Kecamatan Batulayar tepatnya di Dusun Batulayar Utara, Desa Batulayar Barat yang sangat parah akibat diterjang banjir bandang pada Senin pagi, (6/12). 

Pada kesempatan itu Bupati Lobar H. Fauzan Khalid saat ditemui awak media mengatakan, lokasi dan kerusakan akibat banjir bandang kalau bicara titik banyaknya sekitar puluhan titik dengan tingkat kerusakan yang berbeda-beda. 

"Yang paling parah memang di lokasi kita sekarang, di Dusun Batulayar Utara, Desa Batulayar Barat, Kecamatan Batulayar. Makanya kita di tingkat Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat juga membagi tim untuk penanganan di masing-masing lokasi terdampak banjir bandang," ujar Bupati Fauzan. 

Dia juga mengucapkan terima kasih banyak dibantu oleh teman dari TNI/Polri, PMI dan banyak sekali teman dari relawan juga. Terkait sentuhan bantuan di lokasi yang terdampak, dia tegaskan, bantuan sudah tersentuh semua ke masyarakat. Hanya klaim yang mengatakan tidak ada bantuan. 

"Ini bukan sekedar saya ngomong begini. Relawan sudah banyak di lokasi banjir membantu, termasuk Ketua TP-PKK juga yang turun membantu. Jadi Insya Allah semua titik sudah tersentuh oleh bantuan dan kalau ada titik yang belum dalam kesempatan ini saya minta kepada Kepala Desa segera melapor dan memberikan data berapa kebutuhan masyarakatnya terkait kebutuhan dasar mereka seperti makanan dan air bersih," pintanya. 

Saat ditanya total desa yang kena, dia katakan, totalnya sekitar 20-an desa yang kena, tetapi lagi yang paling parah di Dusun Batulayar Utara, Desa Batulayar Barat ini. 


"Kalau rumah yang rusak kita belum mengetahui karena masih dalam proses pendataan," ujarnya. 

Saat ini yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat kata dia, yang pertama dilakukan adalah kebutuhan dasar bagi masyarakat harus terpenuhi yakni makanan, minuman, air bersih, kesehatan. Kemudian kedua sambil pararel dengan itu tim dari TNI/Polri dan relawan juga melakukan pembersihan lumpur bekas dari banjir, termasuk material kayu yang dibawa saat banjir. 

Pada kesempatan itu Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal didampingi Bupati Lobar H. Fauzan Khalid, Danrem/162 Wira Bhakti, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, Dandim/1606 Mataram, Kolonel Arm Gunawan dan Kapolres Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho menyerahkan bantuan kepada masyarakat berupa sembako dan beberapa jenis bantuan lainnya. (Red)

Tags: