Pantai Impos, Wisata "Beken" di Desa Medana Lombok Utara

Foto Fitria Saat Berada di Jembatan Kayu Pantai Impos


GrafikaNews.com – Di tengah-tengan pandemi, orang-orang di Lombok Utara mulai berbenah dengan sadarnya beberapa warga setempat untuk membuka destinasi wisata baru di daerahnya. Hal itu juga yang dilakukan oleh masyarakat yang berada di pantai Impos Lombok Utara.

Pandemi yang melanda pariwisata Lombok Utara, sampai mengakibatkan ditutupnya daerah wisata tiga Gili pada Maret 2020 tahun lalu, membuat masyarakat di sekitaran pantai Impos mulai berbenah dan menjadikan pantai Impos sebagai destinasi wisata baru di Lombok Utara dengan memanfaatkan potensi lokal. 

Pantai Impos terletak di Kabupaten Lombok Utara tepatnya di Dusun Karang Anyar, Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Jika ditempuh dari Kota Mataram, membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan jarak kurang lebih 35 km.

“Pantai Impos kini sudah banyak dikunjungi dan menjadi salah satu tempat wisata di desa kami. Di pantai Impos ada 40 lapak,” ujar H Umar Khalid, Kepala Desa Medana saat ditemui GrafikaNews.com di kantornya, Senin (15/2/2021). 

Sampai di tahun 2021, pantai Impos tidak pernah sepi dikunjungi pengunjung. Pantai Impos juga sangat membantu para pelaku usaha di Desa Medana guna mendapatkan pemasukan di tengah-tengah pandemi yang masih melanda.

“Sudah tahun 2021 tetapi pandemi belum juga usai. Harap tiang (saya) pantai Impos ini bisa membantu perekonomian warga setempat di tengah-tengah pandemi yang masih berlanjut,” tutur H Umar Khalid.


Sementara itu, Burhan Sekertaris Pokdawis Sejahtera Pantai Impos, mengatakan sebelum pantai Impos banyak dikunjungi wisatawan, pantai Impos masih sepi dan tidak ada lapak-lapak, jembatan kayu dan pengunjung berdatangan, tetapi berkat sosial media, orang-orang mulai banyak mengunjungi pantai Impos untuk sekedar berfoto dan menikmati senja. Dari sosial media itulah banyak orang yang tahu mengenai pantai Impos.

“Karena adanya sosial media, orang-orang banyak berkunjung ke pantai Impos untuk berfoto-foto dan kemudian mengunggahnya di akun media sosial,” jelas Burhan.

Lain halnya dengan Ema, salah satu wisatawan lokal yang ditemui di Pantai Impos, ia mengatakan hal yang dia sukai dari pantai Impos adalah sunset dan kulinernya. Setiap kali berkunjung ke Lombok Utara, sore harinya ia pun sering menyempatkan diri mampir ke pantai Impos sebelum pulang ke rumahnya di Lombok Barat. 

“Sebelum pulang, biasanya mampir ke sini, kadang hair minggu dan kadang senin untuk lihat sunset dan makan-makan sebelum pulang ke rumah,” ujar Ema. (Hyn)