NTB Mall Perluas Pemasaran UMKM Melalui Digital Marketing

Ketua JMSI NTB Boy Mashudi bersama Kadis Perdagangan NTB Drs H. Faturrahman M.Si berfoto bersama.

GrafikaNews.com - Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) NTB, Boy Mashudi mengunjungi NTB Mall di Kantor Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Rabu (27/1/2021). 

Dalam kunjungannya tersebut, Boy ditemani langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB Drs H Faturrahman M.Si yang sekaligus mengajaknya berkeliling dan menjelaskan apa itu NTB Mall. 

Dikatakan Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB Drs H Faturrahman M.Si, NTB Mall merupakan wadah berkumpulnya para UMKM lokal untuk meningkatkan transaksi dan memperkenalkan produknya. 

"Disini (NTB Mall) wadahnya UMKM berkumpul. Terobosan ini sangat penting dilakukan terutama untuk menjawab tantangan di masa pandemi Covid-19 ini," katanya. 

NTB Mall juga merupakan miniatur dari produk IKM dan UMKM yang ada di NTB. Dikemas dalam bentuk aplikasi yang dikembangkan oleh Dinas Perdagangan NTB untuk memperluas pemasaran produk UKM dan UMKM lokal melalui digital marketing. 

"Produk yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari kuliner, makanan, hingga produk fashion," jelasnya. 

Dijelaskan Faturrahman, hadirnya NTB Mall ini dikhususkan untuk membantu para pengusaha kecil maupun menengah dalam menangani kendala pemasaran produk, pengemasan hingga izin edar. 

"Kita membantu para pengusaha kecil yang mengalami kendala pemasaran, pengemasan produk dan kendala izin," ujarnya kepada GrafikaNews. 

Saat ini, tercatat lebih dari 1.600 IKM dan UMKM yang terdaftar dalam aplikasi digital NTB Mall, dengan lebih dari 3000 jenis produk yang dipasarkan. 

Modal usahanya dari mana? 

Lebih lanjut, Kadis Perdagangan NTB ini menjelaskan bahwa modal usaha para IKM dan UMKM yang ada di NTB Mall salah satunya diperoleh dari bank-bank besar yang ada di NTB. 

"Iya, hampir semua bank di NTB terlibat. Mereka siap membantu UMKM yang membutuhkan modal usaha," terangnya. 

Melansir website resmi Dinas Perdagangan NTB, animo pelaku UKM dan UMKM di NTB untuk dapat masuk dan mengakses layanan NTB Mall ternyata cukup tinggi. 

Hal ini bisa terlihat dari peningkatan jumlah seller dan jenis produknya di aplikasi NTB Mall. Nilai transaksinya juga terus meningkat berkisar Rp1,5 juta sampai Rp2 juta perhari. 

Aplikasi NTB Mall bisa diunduh melalui playstore di ponsel pintar berbasis android. Seperti aplikasi e-commerce lainnya, transaksi di NTB Mall juga bisa dilakukan dengan cepat secara online lewat situs www.ntbmall.com. (*)

Leave a Reply