Kampoeng Literasi, Ajak Masyarakat KLU Tingkatkan Minat Membaca

Lapak Baca Gratis di Taman Karang Kates pada Sabtu, 9 Januarai 2021

Grafikanews.com - Rendahnya minat membaca di Kabupaten Lombok Utara (KLU) menjadi perhatian khusus Komunitas Lapak Baca Gratis, "Kampoeng Literasi". 

Berdiri sejak bulan November 2020 lalu. Kampoeng Literasi sampai saat ini sudah beranggotakan 20 orang. Bertujuan mengajak masyarakat KLU untuk terus meningkatkan kegemaran membaca. 

Berbagai macam kategori buku disediakan, dari mulai bacaan anak-anak hingga remaja. 

Komunitas Baca "Kampoeng Literasi" setiap hari Sabtu dan Minggu menggelar lapak dari jam 16.00 s/d 21.00 Wita di area Taman Karang Kates, Dusun Kakong, Desa Gondang, Kecamatan Gangga, KLU. 

Ketua Kampoeng Literasi, Andrea mengatakan ide awal tercipta komunitas baca ini karena dirinya resah dengan rendahnya minat membaca di KLU, khususnya di Desa Kakong. 

"Ide awalnya, dulu saya pernah diajak ke sebuah komunitas literasi bareng teman saya. Nah, dari sanalah ide untuk membuat (Kampoeng Literasi) ini muncul," jelasnya saat ditemui GrafikaNews.com, Sabtu (9/1). 

Selain Andrea, Yusran salah satu anggota Kampoeng Literasi juga berharap dengan adanya kegiatan lapak baca gratis ini bisa bermanfaat untuk masyarakat umum dan bisa meningkatkan minat baca di KLU. 

“Ya, harapnya kegiatan ini bermanfaat buat umum dan meningkatkan minat baca di KLU yang masih kurang minat bacanya ini,” tutupnya. 

Dari data yang dihimpun Badan Pusat Statistik (BPS) sesuai hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) bulan Maret 2018, angka buta aksara atau buta huruf di NTB mencapai 12,58 persen. 

Dengan rincian sebagai berikut:
- Lombok Barat 16,28 persen
- Lombok Tengah 18,58 persen
- Lombok Timur 13,31 persen
- Sumbawa 6,04 persen
- Dompu 7,86 persen
- Bima 11,6 persen
- Sumbawa Barat 4,97 persen
- Lombok Utara 16,09 persen
- Kota Mataram 5,96 persen
- Kota Bima 7,17 persen. 

(hyn)

Leave a Reply