Kadis Dikbud Siapkan Skenario Belajar Hadapi Normal Baru

Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi NTB, Dr. Aidy Furqon

GrafikaNews.com - Menghadapi era normal baru, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat ( NTB ) menyiapkan beberapa skenario proses belajar mengajar di sekolah. Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi NTB, Dr. Aidy Furqon saat di konfirmasi GrafikaNews melalui telpon selulernya, kamis (18/6/2020) menegaskan saat ini belum memutuskan untuk membuka kembali proses belajar mengajar di sekolah mengingat NTB masih dikategorikan zona merah covid 19.

" mengingat NTB masih kategori merah kita belum memutuskan untuk membuka kembali belajar mengajar di sekolah, sambil menunggu perkembangan kita sedang menyiapkan beberapa skenario teknis belajar mengajar, yang paling mungkin adalah kita terapkan belajar dari rumah tahap dua," urai Aidy.

Ada beberapa skenario Belajar dari rumah imbuh Aidy, pertama belajar online bagi siswa atau wali murid yang terkonfirmasi mampu dan bisa menggunakan teknologi. Sedangkan bagi siswa atau wali murid yang tidak mampu dan atau tidak bisa memenuhi sarana teknologi, dengan cara kunjungan guru guru kepada siswa secara berkelompok.

Aidy berharap apapun keputusan terkait proses pembelajaran siswa, wali murid dan pihak sekolah tetap mengawasi secara ketat pelaksanaan protokoler kesehatan yang di tetapkan oleh pemerintah. sebab, masa belajar siswa di sekolah hanya 8 jam, selebihnya orang tua yang berperan dalam pengawasan protokoler kesehatan.

" Kalau ada rapid test yang diselenggarakan pemerintah secara masal kepada siswa tanpa membebani biaya kepada siswa dalam rangka deteksi dini covid 19, kami sangat senang," kata Aidy.

Sekedar di ketahui, hampir setiap tahun penerimaan siswa baru SMA / SMK hampir seimbang jumlahnya dengan kelulusan siswa SMP yakni sekitar 45 000 siswa per tahun se provinsi NTB. (AM)