64 Cakades Siap Bersaing Rebut Kursi Kepala Desa

Ilustrasi: Pilkades serentak Kabupaten Lombok Tengah 2020 (Dok. Google)

GrafikaNews.com - Lombok Tengah - Pemilihan Kepala Desa serentak Kabupaten Lombok Tengah akan digelar pada Rabu, 23/12/2020 mendatang. Tidak tanggung-tanggung, 64 orang cakades akan bersaing memperebutkan kursi Kepala Desa.

“Ada 64 orang Calon Kepala Desa.”, terang Jalaludin, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lombok Tengah.

Pemilihan Kepala Desa serentak akan dilaksanakan di 16 Desa di 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lombok Tengah. Dari 16 Desa, ada 8 desa yang memiliki 5 orang calon kepala desa yaitu Desa Banyu Urip, Desa Bonder, Desa Mangkung, Desa Gapura, Desa Mertak, Desa Darmaji, Desa Karang Sidemen, dan Desa Jelantik.

Anggaran Pilkades serentak 16 Desa ini mencapai Rp1,2 miliar. Anggaran tersebut sebagian besar untuk membayar honor Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang jumlahnya mencapai 1.400 orang. Kemudian honor panitia kecamatan maupun panitia tingkat kabupaten.

Sementara itu, Jalaludin menerangkan logistik Pilkades akan mulai disalurkan pada Selasa (22/12) dengan dikawal oleh aparat kepolisian. Ia juga menekankan bahwa, pelaksanaan Pilkades serentak di Lombok Tengah kali ini harus menetapkan protokol Covid-19.

"Terkait hal itu, pemilih di masing-masing TPS maksimal sebanyak 500 orang. Kemudian sarana prasarana pencegahan Covid-19 juga disiapkan di masing-masing TPS" tegasnya. (Eff)