10 Makanan Pencegah Batuk dan Pilek di Musim Hujan

Ilustrasi. (Doc: CNNIndonesia.com)

GrafikaNews.com - Hujan dan angin kencang yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia rentan memicu penyakit seperti batuk dan pilek. Konsumsi beberapa makanan yang dapat mencegah batuk dan pilek di tengah cuaca yang memburuk ini.

Faktanya, beberapa makanan punya manfaat lebih dari sekadar menyediakan energi. Makanan memiliki khasiat yang kuat untuk melindungi tubuh dari ancaman penyakit.

Selain itu, beberapa makanan juga diketahui mampu meredakan gejala-gejala tertentu saat tubuh terserang penyakit.

Berikut beberapa makanan yang dapat mencegah batuk dan pilek, mengutip berbagai sumber.

1. Bawang putih

Bawang putih dikenal dengan efek antibakteri, antivirus, dan antijamur yang dimilikinya.

Mengutip Healthline, sejumlah studi menemukan efek positif bawang putih terhadap pilek. Studi menemukan, orang yang mengonsumsi bawang putih lebih jarang sakit dan umumnya sembuh lebih cepat saat terserang penyakit.


Selain itu, beberapa penelitian menemukan, suplemen ekstrak bawang putih dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menurunkan tingkat keparahan batuk dan pilek.

Ilustrasi MaduIlustrasi. Madu dapat merangsang sistem kekebalan tubuh yang dapat membuat tubuh terhindari dari batuk dan pilek. (stevepb/Pixabay)

2. Madu

Madu memiliki efek antibakteri yang kuat. Beberapa bukti juga menunjukkan bahwa madu dapat merangsang sistem kekebalan tubuh.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan, madu dapat menekan gejala batuk pada anak. Namun, madu tak boleh diberikan pada anak di bawah usia 12 bulan.

3. Yogurt

Sejumlah yogurt mengandung probiotik yang bermanfaat. Bukti menunjukkan, probiotik dapat membantu anak dan orang dewasa lebih jarang terkena pilek, sembuh lebih cepat saat terserang penyakit, dan mengonsumsi lebih sedikit antibiotik.

Selain itu, yogurt juga kaya akan kalsium, vitamin, dan mineral lainnya yang dibutuhkan tubuh.

4. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang rendah karbohidrat tapi tinggi lemak sehat. Alpukat juga merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral baik yang membuatnya menjadi salah satu pilihan makanan untuk mencegah batuk dan pilek.

Kandungan lemak sehat yang dimiliki membuat alpukat ampuh mengurangi dan menghalang peradangan sekaligus berperan dalam meningkatkan fungsi kekebalan.

Dengan kemampuannya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, beberapa makanan diketahui dapat mencegah batuk dan pilek. Ilustrasi. Dengan kemampuannya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, beberapa makanan diketahui dapat mencegah batuk dan pilek. (Pixabay/uroburos)

5. Jeruk

Sudah bukan rahasia lagi, konsumsi vitamin C dapat membantu Anda mencegah pilek. Mengutip WebMD, buah-buahan jenis sitrus seperti jeruk dan lemon menjadi sumber terbaik vitamin C. Konsumsi jeruk dan lemon akan membuat Anda terhindar dari penyakit seperti batuk dan pilek.

6. Teh

Teh kaya akan kandungan polifenol, antioksidan yang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Polifenol juga berperan dalam melawan peradangan.

Tanin merupakan salah satu jenis polifenol yang ditemukan dalam teh. Selain sebagai antioksidan, tanin juga memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antijamur.

Anda disarankan untuk meminum teh chamomile. Mengutip Health, selain bersifat antibakteri, chamomile dapat meningkatkan kualitas tidur yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

7. Kunyit

Curcumin, senyawa alami dalam kunyit, merupakan senyawa anti-inflamasi yang manjur. Curcumin telah terbukti meningkatkan aktivitas sel kekebalan tubuh dan meningkatkan respons antibodi.

8. Jahe

Sama seperti kunyit, jahe juga merupakan rempah-rempah dengan sifat anti-inflamasi. Konsumsi jahe dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang membantu Anda terhindar dari penyakit.

9. Jus delima

Jus delima merupakan salah satu minuman yang dapat mendukung kekebalan tubuh melalui aktivitas antimikroba dan antiinflamasi-nya. Antioksidan flavonoid yang ditemukan dalam jus delima telah terbukti memerangi virus dan mengurangi durasi masuk angin.

10. Sayuran hijau

Sayuran hijau menyediakan senyawa antioksidan dan antiinflamasi, serta sejumlah nutrisi utama yang dikenal dapat membantu fungsi kekebalan, termasuk vitamin A, C, dan folat. Sayuran hijau juga menyediakan senyawa bioaktif yang memberikan sinyal kimiawi yang mengoptimalkan kekebalan di usus.

Konsumsi makanan dan minuman di atas untuk mencegah datangnya batuk dan pilek di tengah cuaca buruk ini. (*)

 

(Sumber : CNNIndonesia.com)

Tags: