Wali Kota Hadiri Pelantikan dan Pengkuhan Dewan Pengurus Kota Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (DPK – IKAPTK) Kota Mataram Periode 2021 – 2026

Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, S.Sos, MH

Mataram, GrafikaNews.com – Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, S.Sos, MH, hadiri acara Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Pengurus Kota Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (DPK – IKAPTK) Kota Mataram masa bakti 2021 – 2026 di Lombok Astoria Hotel, Sabtu (10/4/2021).

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi, Ketua DPK – IKAPTK Provinsi Nusa Tenggara (Barat)  Baiq Parhi SH, MH., beserta Jajaran pengurus, serta segenap alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan.

Dalam sambutannya Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana mengatakan lembaga Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) merupakan lembaga kedinasan yang mencetak kader-kader birokrat pemerintahan terbaik dan menjadi andalan di dalam aktifitas birokrasi pemerintahan khususnya di Pemerintah Kota Mataram.

Dijelaskan Mohan, hal ini didasari dengan melihat kapasitas intelektual, skil pemerintahan serta kedisiplinannya berada di atas Aparatur Sipil Negara (ASN) yang lain. “meskipun jumlahnya hanya 3% dari komposisi ASN di Kota Mataram, kontribusi para alumni IPDN sangat nyata dan signifikan,” sambung Mohan.

Lebih lanjut Mohan mengatakan di setiap level pemerintahan alumni IPDN selalu menjadi terdepan yang bisa memberikan dukungan yang sangat signifikan kepada para pimpinan dalam mengambil kebijakan yang berkaitan dengan urusan publik maupun pemerintahan.

“oleh karena itu saya berharap kepada semua teman-teman semua untuk terus mempertahankan dan menjaga komitmen serta yang paling penting menjaga integritas kita semua sebagai ASN,” ujarnya.

Mohan juga menekankan kepada alumni IPDN yang bertugas sebagai ASN di Kota Mataram agar terus bekerja dengan ekstra hati – hati serta dibutuhkan kemampuan yang lebih kreatif dan inovatif dalam menghadapi kemajuan teknlogi informasi yang secara masif terus berkembang, masyarakat yang semakin kritis serta aturan – aturan regulasi pemerintahan yang ketat dari pusat.

“harapan – harapan ini saya lekatkan kepada di pundak para alumni IPDN yang notabene memiliki kompetensi di bidang tersebut, dan saya harap teman-teman tidak terjabak pada rutinitas, bisa menawarkan seta mewartakan jalan keluar terhadap kondisi saat ini yang tidak mudah  dihadapi,” tegas Mohan.

Di akhir sambutannya Mohan mengatakan salah satu  indikator keberhasilan dalam pemerintahan adalah ketika masyarakat terlayani dengan baik serta instrumen negara yang melakukan supervisi terhadap semua birokrasi di pemerintahan bisa memberikan pernghargaan positif.

“oleh karena itu saya berusaha mengajak teman-teman birokrasi untuk salaing berbagi, untuk kita saling memberikan maupun menawarkan ide – ide bagi perkembangan Kota Mataram agar menjadi lebih baik,” tutup Mohan.

Sementara itu Ketua terpilih DPK – IKAPTK Kota Mataram masa bakti 2021 – 2026  Dra. Hj. Baiq Evi Ganevi, M.Si dalam sambutannya mengatakan DPK – IKAPTK ini merupakan organisasi kemasyarakatan, dukungan dari seluruh jajaran pengurus baik para senior maupun junior sangat dibutuhkan dalam menjalankan roda organisasi.

“tidak cukup hanya dukungan saja, dibutuhkan komitmen dan motivasi yang saling menguatkan untuk membesarkan organisasi ini,” lanjutnya.

Dikatakan Evi sebagai alumni kepamongprajaan harus bisa menjadi contoh teladan sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, yaitu birokrat yang profesional, memiliki integritas dispilin, adaftif terhadap lingkungan dan mampu menjadi bagian solusi penyelenggaraan pemerintahan.

“ini bukan organisasi yang ekslusif, kita harus mampu bersinergi dengan semua stakeholder, kalau dengan Pemerintah kota Mataram kita harus  memberikan kontribusi bagaimana kita bisa meningkatkan kinerja,” tegas evi.

Di akhir sambutannya Evi menegaskan bahwa ASN yang tergabung dalam organisasi ini adalah pamong yang memiliki integritas tinggi dengan tujuan memberikan pelayanan terbaik bagi penyelenggaraan pemerintahan di Kota Mataram.

“saya yakin baik senior maupun junior semua memiliki kompetensi, tentu di dalam IKAPTK kita tingkatkan kompetensi maupun profesionalisme dalam mendukung apa yang menjadi program pemerintah di Kota Mataram,” tutupnya.

Sementara itu dalam kongres Dewan Pengurus Kota Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (DPK – IKAPTK) Kota Mataram masa bakti 2021 – 2026 berdasarkan lampiran  Surat Keputusan Dewan Pengurus Provinsi Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan Nusa Tenggara Barat nomor 002/DPP IKAPTK NTB/SK/IV/2021 tanggal 10 April 2021 susunan pengurus Ketua Sekretaris dan Bendahara sebagai berikut, Dewan Pembina yaitu Wali Kota Mataram, Wakil Wali Kota Mataram, Sekretaris Daerah Kota Mataram, Dra. Siti Miftahayatun, Dra. Hj. Dewi Mardiana Ariani, MM.,  Drs. M. Saleh, Hariyadi, SIP., Ki Agus M Idrus SIP., Mahfuddin Noor S.Sos., Muhammad Nazarudin S.Sos, M.Si., Dewan Pengurus kota Sebagai berikut, Ketua Dra. Hj.n Baiq Evi Ganevi, M.Si, Wakil Ketua I Drs.H. Kemal Islam, Wakil Ketua II Drs. I Nyoman Suwandiasa, MH., Wakil Ketua III Irwan Rahadi S.STP, MM., Sekretaris Drs. Lalu Samsul Adnan, Wakil Sekretaris I I Gde Hari Saputra S.STP. MP.AP., Wakil Sekretaris II Baiq Sri Hastuti S.STP. MH., Bendahara Siti Nurhayati Ayani S.Sos., Wakil Bendahara Im Mutiara Linda Sartika Nasution S.STP., Wakil Bendahara II Komala Sari Septi Ardini S.IP.(*)

Tags:

Leave a Reply