Wabup Lobar Buka Pelatihan Pemandu Snorkeling Di Sekotong

GrafikaNews.com - Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun membuka acara pelatihan pemandu wisata alam snorkeling yang dirangkai dengan pelepasan tukik di pinggir Pantai Resort Cocotinus, Senin, (26/10).

Dalam sambutannya, Hj. Sumiatun sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Lombok Barat ini. 

"Menurut saya Dinas Pariwisata ini adil, baik di wilayah utara, tengah, maupun selatan seperti Sekotong ini. Harapannya tentu agar OPD lain bisa berbuat yang sama seperti yang dilakukan Dinas Pariwisata," ujar Sumiatun.

Disampaikan Hj. Sumiatun, Pemkab Lombok Barat saat ini tetap mendorong persiapan pembangunan pariwisata berkelanjutan dengan terus meningkatkan SDM, terutama mereka yang akan menjadi pelaku pariwisata di era kenormalan baru ini.

"Anda para peserta yang mengikuti pelatihan ini, jangan berhenti setelah selesai pelatihan, tapi kembangkan keterampilan yang didapat untuk masa depan Anda. Karena, peluang ke depan masih ada dan menanti," pesan Hj. Sumiatun.

Para peserta yang menjadi lulusan dari pelatihan ini, diharapkan Sumiatun, akan menjadi sales marketing bagi destinasi-destinasi wisata yang ada di Lombok Barat lebih khusus lagi destinasi yang menyediakan sarana snorkeling bagi wisatawan.

"Saya sebut saja Sekotong. Wilayah ini memiliki keindahan laut dan bawah laut yang luar biasa. Sehingga ke depan, titik tekan skema pembangunan Sekotong adalah sebagai pasar libur untuk beristirahat bagi para pelancong," ujar wabup. 

Lebih lanjut dikatakan politisi Partai Golkar Lombok Barat ini, salah satu alasan terselenggaranya pembangunan di wilayah Selatan Sekotong adalah karena wilayah ini tersambung langsung dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Lombok Tengah sebagai lokasi ajang MotoGP tahun 2021.

"Oleh karena itu, kita perlu mempersiapkan wilayah ini secara maksimal sebagai penopang lonjakan wisatawan yang akan hadir baik wisatawan domestik maupun mancanegara," pungkasnya.

"Tentu saja, salah satu yang akan mereka cari terutama bagi para penggemarnya adalah wisata alam snorkeling. Sehingga, bagi para peserta sekali lagi saya sampaikan kita optimis kemampuan yang akan Anda dapat akan sangat berguna dalam mendukung kemajuan pariwisata kita khususnya yang ada di Sekotong ini," ujarnya optimis.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat H. Saepul Akhkam mengatakan Sekotong akan menjadi pusat kreativitas Dinas Pariwisata Lombok Barat di pase berikut setelah menggaungkan Ayo Kembali Ke Senggigi. 

"Tolong kami ke depannya untuk dibantu Pak Camat," harapnya.

Dipaparkan Akhkam, Sekotong menjadi andalan Lombok Barat untuk sport laut dan bawah laut. Oleh karena itu, pelatihan tersebut akan menjadi momentum untuk menyelenggarakan promosi yang terus menerus sampai menjelang akhir tahun untuk Sekotong. 

“Sekotong untuk menuju kenormalan baru sangat pas, di mana Sekotong sangat nyaman, aman, tenang dan sehat itu adalah kawasan Sekotong dan untuk menyelenggarakan protokol kesehatan Covid-19 pasti akan efektif,”ujarnya optimis.

Hadir dalam acara tersebut Camat Sekotong Lalu Pardita Utama, nara sumber, dan para peserta pemandu wisata alam snorkeling. (*)

Tags:

Leave a Reply