Verifikasi Sample Air Sungai Sebamban, Rahmad Proto Udoyo: Perusahaan Mestinya Terapkan Good Mining Practice

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu, Rahmad Prapto Udoyo

GrafikaNews.com - Warga didampingi Kepala Desa Sebamban Baru membawa 3 sample air untuk dilaporkan ke Kantor DLH Tanah Bumbu atas dugaan tercemarnya Sungai Sebamban, Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu, Rahmad Prapto Udoyo membenarkan bahwa warga kemarin Senin (8/2/2021), membawa dan melaporkan 3 sample air yang mereka ambil disekitar kegiatan tambang Perusahaan PT Buma yang merupakan kontraktor tambang dan tambang PT Borneo Indobara yang merupakan bagian Sinarmas Mining, serta tambang PT. PCN. 

"Sample air itu diserahkan ke DLH Tanbu, namun kita tidak menerima begitu saja, kita buktikan bersama dengan langsung turun kelapangan bersama masyarakat dan perusahaan tambang," ujarnya kepada GrafikaNews.com, Selasa (9/2/2021). 

"Jadi 3 sample yang dibawa masyarakat tadi kita buktikan bersama, supaya kita tidak dianggap sepihak," terangnya.

Dari hasil 3 sample air, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu memverifikasi bahwa sample tersebut sudah tercemar karena aktivitas pertambangan. 

Dijelaskan Rahmad, masyarakat berharap agar Sungai Sebamban dapat difungsikan sebagaimana mestinya, yaitu fungsi sumber air dan tempat pencarian nelayan di sungai sebamban itu. 

"Kalo Perusahaan menerapkan Good Mining Practice mestinya bisa. Karena ini untuk kepentingan masyarakat. Masyarakat mintanya sederhana saja, bagaimana sungai itu seperti dulu lagi, tidak harus jernih tapi bisa difungsikan sebagai sungai, bukan tanah yang terbawa," tutupnya. (Jon)

Leave a Reply