Universitas Teknologi Mataram Latih POKDARWIS Desa Senaru

Foto Bersama; Tim Pengabdian bersama para Pokdarwis foto bersama seusai kegiatan pelatihan yang diadakan di Kantor Desa Senaru, Minggu (10/9).

Lombok Utara, Grafikanews.com — Universitas Teknologi Mataram (UTM) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Wisata Senaru. UTM memberikan pelatihan dan pendampingan tentang pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pariwisata serta pelatihan bahasa inggris bagi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Senaru.

Dalam mengembangkan desa wisata senaru dibutuhkan sumber daya manusia yang kompeten untuk mengelola dan mempromosikan desa wisata sehingga calon wisatawan tertarik untuk berkunjung ke desa senaru. Saat ini desa wisata senaru di kelola oleh kelompok sadar wisata desa senaru yang bekerjasama dengan BUMDES Senaru. Kelompok sadar wisata yang mengelola desa wisata senaru salah satunya adalah kelompok sadar wisata sendang gile yang dijadikan sebagai mitra dalam kegiatan ini.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kelompok sadar wisata tentang pentingnya penggunaan teknologi informasi dan cara menggunakannya dalam mempromosikan desa wisata senaru sehingga para calon wisatawan dapat mengetahui berbagai jenis informasi terkait desa wisata senaru. Hal ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Puluhan anggota dari pokdarwis Desa Senaru hadir dalam kegiatan pelatihan ini. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan yang diadakan mulai dari tanggal 9-11 September 2023.
UTM bertekad turut andil dalam memajukan dunia pariwisata di Desa Senaru. Kegiatan PKM ini terlaksana berkat kerjasama UTM dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

Tim pengabdian dari UTM yang bertugas memberikan pelatihan dalam kegiatan ini, diantaranya; Ketua Pengabdian, Zaeniah S.Kom., M.Kom dan tiga anggotanya, yakni; Pathul Indriana, M.Pd, Surni Erniwati, S.Kom., M.Kom, dan Hambali, M.M.S.I.

Pada kegiatan ini, turut melibatkan dua mahasiswa UTM untuk berpartisipasi sebagai pendamping dalam pelatihan digital marketing dan pengelolaan website.


Ketua Tim PKM Zaeniah mengatakan pengabdian kepada masyarakat ini fokus terkait dengan pengembangan sumber daya manusia kelompok sadar wisata desa senaru. "Saya berharap selesai kegiatan ini mereka (Pokdarwis Desa Senaru, red) akan lebih termotivasi dan bersemangat. Anggota pokdarwis dengan antusias mengikuti pelatihan ini, saya yakin mereka akan cepat memahami materi pelatihan, dapat mengelola website dengan baik dan dapat membuat video promosi kedepannya, serta lebih percaya diri dalam berkomunikasi dengan wisatawan asing menggunakan bahasa inggris," tuturnya.

"Untuk pendampingan tetap akan kami kawal bagi mereka yang masih ingin mengajukan pertanyaan yang akan dilakukan secara Daring untuk memudahkan jika ada kendala atau kesulitan terkait apa yang sudah dipaparkan," jelasnya.

"Simpel saja, harapannya semoga pokdarwis ini mampu mengelola website desa wisata senaru dengan lebih baik untuk keperluan promosi, mampu membuat video maupun iklan digital tentang potensi dan keunggulan-keunggulan yang ada di Desa Wisata Senaru ini," ungkapnya.

"Dengan promosi yang lebih intensif, saya kira untuk menarik kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara tidaklah sulit. Karena Senaru ini sudah sangat luar biasa dengan keindahan alam maupun tradisi budaya daerah yang ditawarkan, tinggal bagaimana untuk terus menyebarkan informasi dan berpromosi seluas-luasnya," tambahnya.

Sekilas Tentang Desa Wisata Senaru

Desa Senaru merupakan salah satu desa yang sedang gencar dikembangkan sebagai desa wisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Desa eksotis yang berada di kaki Gunung Rinjani ini memiliki berbagai jenis wisata yang dapat dikunjungi seperti Air Terjun Sendang Gile, Tiu Kelep, Kampung adat bayan dan masih banyak lagi jenis wisata lainnya. Dan yang paling ngehits di Senaru adalah Traking ke Gunung Rinjani dan banyak sekali tempat atau spot camping yang bisa didatangi.

Desa Wisata Senaru menjadi nomor 4 terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) pada tahun 2021 kategori daya tarik wisata yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. (Red)

Tags: