Tuntut Perbaikan Jalan, Demonstrasi Warga Desa Pengembur Nyaris Bentrok

Dok. Demonstrasi Masyarakat Desa Pengembur | Eff

GrafikaNews.com - Puluhan masyarakat Desa Pengembur, Kecamatan Pujut melakukan aksi demonstrasi di depan Kantor Bupati Kabupaten Lombok Tengah. Senin, 25/01/2021

Masa aksi yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Pembangunan dan Transparansi (AMPET) Lombok Tengah ini menutut agar ruas jalan yang mengalami kerusakan di wilayah Desa Pengembur-Tanak Awu untuk segera diperbaiki‎.

M. Sadli, kordum aksi dalam orasinya menyampaikan bahwa, masyarakat Desa Pengembur menuntut Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah dalam hal ini Dinas PUPR untuk segera memperbaiki ruas jalan yang rusak karena sudah banyak terjadi kecelakaan dan menelan korban.

"200 lebih mobil Dam melewati jalan Pengembur-Tanak Awu setiap hari. Belum lagi puluhan alat berat. Jalan rusak parah, sehingga banyak terjadi kecelakaan dan menelan korban. Silahkan cek fakta ke lapangan" teriak Sadli dalam orasinya.

Sempat memanas, masa aksi dan aparat Kepolisian yang berjaga bersitegang dan nyaris bentrok saat masa aksi mencoba merangsek masuk menuju dalam Kantor Bupati. Masa aksi menuntut untuk bertemu Kadis PUPR Lombok Tengah.

“Kami akan melakukan blokade jalan, akan kami tutup total akses jalan Pengembur-Tanak Awu jika tuntutan kami tidak diterima,” teriak demonstran.

Sementara itu, Kadis PUPR Lalu Firman Wijaya saat menerima perwakilan masa aksi menyampaikan bahwa ruas jalan Pengembur-Tanak Awu belum diperbaiki dikarenakan adanya refokusing anggaran.

"Tidak ada jalan kabupaten yang ditangani tahun 2020 sebab adanya refokusing anggaran. APBD 2021 juga sudah di ketok. Selain itu, kewenangan anggaran itu bukan ada di OPD, tapi Kepala Daerah yakni Bupati dan Wakil Bupati serta DPRD" terangnya.

Kaitannya dengan tuntutan masyarakat Desa Pengembur, Dinas PUPR menyampaikan bahwa pihaknya akan memperjuangkannya.

"Kami tidak berani berjanji, bahasa kami adalah memperjuangkan. Selanjutnya, ruas jalan Pengembur-Tanak Awu akan kita dorong melalui DAK. Kemudian, apa yang saya sampaikan ini akan saya ikhtiarkan dan semoga terealisasi" tungkasnya. (Eff)

Leave a Reply