Tim Demen Playonan Juarai Kejurkab Dayung

Grafikanews.com-Banyuwangi- Tim dayung demen playonan berhasil menyabet juara 1 kejurkab dayung kategori Dragon Boat yang diselenggarakan oleh Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia ( PODSI ) Kabupaten Banyuwangi di Pantai Marina Boom Banyuwangi pada Minggu,28/3/2021.

Hafis juru bicara tim demen playon menyatakan anggota tim demen playon terdiri dari para pelajar yang ada di kecamatan Banyuwangi maupun Rogojampi .

Timnya kata Hafis hanya berlatih selama 3 minggu guna menyiapkan kejurkab dayung itu. Dengan bermodal semangat dan kekompakan, timnya terus berlatih meski tanpa didampingi tim official. 

 “ Selama latihan, kami menggunakan peralatan yang difasilitasi KONI dan PODSI Banyuwangi,” kata Hafis.

Hafis berharap bisa mengikuti lagi pertandingan dayung tahun depan dan bisa lebih berprestasi lagi.

Juara ke dua kategori dragon boat berhasil berhasil diraih tim wafer gesit sedangkan tim pramadita Smanta berada pada posisi ke tiga.


Untuk kategori perahu karet juara 1 diraih tim wader gesit sedangkan juara 2 SMK Kalipuro A serta juara 3 SMK Kalipuro B.

Ketua PODSI Banyuwangi, Afan mengatakan bahwa kejuaraan kabupaten dragon boat dalam rangka realisasi  pelaksanaan program kerja cabor dayung Th2021. 

“Setelah ditahun kemarin dimasa pandemi mematikan seluruh bidang salah satunya olah raga jadi ketika sudah mulai menurun pendemi covid Ini ksempatan besar  bagi para atlit untuk kembali beraktifitas setalah beberapa bulan latian, kita menyelenggarakan kejuaraan, pesertanya ada 10 tim dragon boat dan 30 tim perahu karet,” jelas Afan.

Ke depan Afan berharap cabor dayung juga bisa di kemas menjadi even pariwisata.  Di beberapa kabupaten dan kota di Jawa timur, even dayung kata Afan menjadi even andalan  untuk mendongkrak pariwisata.  

“Di Banyuwangi sendiri pada khususnya, terutama  venue kita ini pada titik wisata,   apabila kita laksanakan dalam skala nasional tentu akan memberikan gambaran di Indonesia bahwa Banyuwangi pariwisatanya luar biasa,” kata Afan.

Sebetulnya di tahun 2020 PODSI bekerjasama dengan pemda  menyelenggarakan even dragon boat internasional, tapi ditunda karna pandemic covid 19. 

“Tapi untuk bulan nopember mendatang sudah masuk even Banyuwangi festival, kita berharap semakin banyak putra putri Banyuwangi yang berprestasi di cabang olahraga atlit dayung,”terang Afan. 

Ditempat yang sama Ketua Bidang Prestasi KONI Banyuwangi, Pujo mengatakan pihaknya selalu melakukan moitoring sebagai salah satu bentuk pembinaan kepada setiap cabang olahraga atau Cabor. 

“Saat  ada kegiatan kejuaraan ataupun saat  latihan rutin, Disitu kita bisa melihat  capaian apa saja  yang akan ditargetkan dan kesulitan apa saja dalam masing cabor, dan proyeksiny apa sehingga dengan monitoring kita tahu dinamika yang ada dimasing-masing cabor untuk kita teruskan ke pengurus KONI agar kita bisa berikan solusi sehingga cabor bisa maksimal berkegiatan dan mencapai hasil maksimal untuk persiapan porprov.tahun 2022,” jlentreh Pujo.

Dalam waktu dekat kata Pujo KONI akan melakukan pelatihan pelatihan untuk masing masing cabor. Selain itu pihaknya juga akan segera menggelar Muskab untuk beberapa cabor. (JK)