Tiba di Lombok, Jenazah Praka Dedi Disambut Upacara Militer

Dok. Upacara Militer Alm. Praka Dedi Hamdani | Istimewa*

GrafikaNews.com - Jenazah Praka Anumerta Dedi Hamdani salah satu prajurit TNI-AD yang gugur dalam baku tembak dengan Kelompok Kriminal Sparatis Bersenjata (KKSB) saat bertugas di Kodim 1702/Jaya Wijaya Timika Papua tiba di Bandara Internasional Lombok (BIL). Minggu, (24/01/2021)

Setibanya di BIL, Jenazah Praka Dedi disambut, Kasrem 162/WB Kolonel Arm Made Kariawan, Kasi Pers rem 162/ WB Kolonel Caj Rudi Priyanto, Kapolres Loteng AKBP Esty Setyo Nugroho, Danramil 1620-07/Batukliang Kapten Chb Heri Susanto dan Pasiter Kodim 1620/Loteng Kapten AA Gde Rai Budiana dengan upacara resmi militer.

Seusai upacara penyambutan, sekitar pukul 15.56 Wita, Jenazah Praka Dedi dibawa menuju rumah duka di Dusun Bagek Dewe Desa Pelambik, Praya Barat Daya menggunakan Mobil Ambulance dikawal Mobil Foreder Denpom IX/2 Mataram. Praka Dedi kemudian dibawaa ke tempat peristirahatannya yang terakhir di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Pelambik dengan upacara militer.

Inspektur upacara pemakaman militer dalam hal ini, Dandim 1620/Loteng, Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan mengatakan, dalam suasana duka melaksanakan upacara pemakaman militer Almarhum Praka Anumerta Dedi Hamdani, meninggal pada hari Jumat, 22 Januari 2021 pukul 11.30 WIT di Rumah Sakit Umum Daerah Timika karena gugur dalam kontak tembak dengan KKSB di Kampung Titigi Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya Papua.

"Upacara kebesaran ini diselengarakan sebagai penghormatan dan penghargaan Bangsa dan Negara atas jasa-jasa dan pengabdian Almarhum semasa hidupnya," kata Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan.

Tangkas juga mengatakan, seluruh prajurit TNI merasakan duka yang mendalam atas kepergian almarhum. Pada kesempatan itu pula selaku Inspektur upacara menyatakan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya, dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada almarhum, serta memanjatkan Doa, semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa memberikan ketabahan, kesabaran, bagi keluarga yang ditinggalkan.


"Marilah kita semua berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Semoga almarhum mendapat tempat dan diterima di sisi-Nya sesuai dengan amal ibadahnya...Aamiin," pinta Dandim seraya meminta semua yang hadir ikut berdoa.

Untuk diketahui, pemakaman Almarhum Praka Dedi dilaksanakan pukul 17.40 Wita secara militer serta berlangsung aman dan lancar sesuai Protokol Kesehatan Covid 19. Sementara itu, pihak keluarga sudah mengikhlaskan kepergian Praka Dedi yang gugur di medan juang dalam melaksanakan tugas Negara demi NKRI.

RIWAYAT HIDUP SINGKAT:

NAMA : Dedi Hamdani
- Pangkat : Prajurit Kepala Anumerta
- NRP : 31160624010995
- Jabatan : Taban Cuk-1 RU-3 Ton Morse
- Kibant, Kesatuan: Yonif Raider R-408/Suhrastha Dam IV/DIP.

Praka Dedi telah mengenyam pendidikan
- SD Lulus Tahun 2008
- MTs Lulus Tahun  2011
- SMA Lulus Tahun 2014 dan langsung masuk Militer secata Tahun 2017.

Praka Dedi dilahirkan Desa Pelambik Kecamatan Praya Barat Daya Loteng, tanggal 30 September 1995. Ia merupakan anak pertama dari 2 bersaudara dari Bapak Muhdin dan Sarmiati. Di akhir karir militernya sebagai prajurit TNI-AD, Praka Dedi disematkan tanda jasa "Satya Lencana Wira Dharma". (Red)