Tebu Belo dan Air Terjun Geripak, Wisata Alam yang Tersembunyi di Lombok Barat

Lombok Barat, Grafikanews.com -Wisata Alam Tebu Belo yang berlokasi di Dusun Poan Selatan, Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat memiliki prospek yang sangat bagus untuk dikembangkan.

 

Pemandian wisata alam ini belum terkenal dan masih tersembunyi di wilayah Lombok Barat. Walau mayoritas pengunjungnya dari masyarakat setempat dan luar. Pemandian ini tetap ramai dikunjungi terutama saat hari libur.

 

Pemandian tebu belo memiliki satu kolam yang memanjang dengan sumber mata air alami dengan suhu air yang dingin, dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, sehingga permandian ini sangat sejuk. 

 


Kepala Desa Guntur Macan Najamudin saat turun ke lokasi wisata bersama para staf, Selasa (12/9) mengatakan, kalau di pikir-pikir Desa Guntur Macan ini banyak memiliki potensi alam dan ekonomi kreatif untuk dikembangkan kedepannya. 

 

"Dari segi ekonomi kreatif ada buah-buahan seperti durian, pisang dan aren banyak di desa kami. Kemudian dari segi potensi alam kami memiliki Air Terjun Geripak dan Pemandian Tebu Belo. Dari dulu kami menghayal untuk jalan wisata, tetapi jalan wisata ini sudah terealisasi," kata Mantan Kadus Dusun Apit Aik. 

 

Saat ini, aku Najam akrabnya disapa menyebutkan, untuk dijadikan destinasi itu yang masih agak bingung dari mana untuk mendapatkan anggaran tersebut. 

 

"Kami selaku Kepala Desa Guntur Macan baru masuk menjabat kurang lebih tiga bulan. Tetapi kami mengharapkan hal sedemikian itu untuk dikembangkan menjadi Destinasi Wisata Alam di Desa Guntur Macan," tuturnya. 

 

Lebih lanjut, aku Najam, Pemandian Tebu Belo setiap hari weekend sabtu minggu misalnya tetap ramai. Kunjungan dari luar desa saja kalau dikalkulasikan kurang lebih 100 orang pengunjung. 

 

"Untuk sementara kita biarkan saja, tidak dipungut biaya parkir dan biaya masuk. Kita biarkan gratis dulu," akunya. 

 

Kedepannya, Najam mengaku, akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan Wisata Alam Tebu Belo dan Air Terjun Geripak untuk dikembangkan sehingga nanti ini akan menjadi Pendapatan Asli Desa (PADes). 

 

"Dari awal ini sebuah mimpi menjadi sebuah kenyataan. Tetapi saya tidak tahu dan yang jelas saya akan berusaha untuk kedepannya. Supaya sejalan dengan program kami sesuai dengan gagasan dan visi misi kami saat mencalonkan diri sebagai kepala desa bahwa Guntur Macan Bersatu Bersama Untuk Maju," terangnya. 

 

Selain itu, kata Najam, atas dasar itulah akan bekerja keras, bekerja kuat, dan sekuat tenaga untuk menjadikan Guntur Macan ada titik untuk penghasilan Pendapatan Asli Desa (PADes) dengan adanya destinasi Air Terjun Geripak dan Pemandian Tebu Belo.(Red)

Tags: