SMPN 3 Gunung Sari Optimis O2SN Sukses Tuai Prestasi

Suasana Kegiatan Belajar Mengajar di SMPN 3 Gunung Sari

Grafika News – Lombok Barat – SMPN 3 Gunung Sari rasa rasanya sudah tidak sabar menanti pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tahun 2020 tingkat Kabupaten Lombok Barat, yang akan digelar pada bulan Maret mendatang. Dalam persiapannya, Sekolah yang memiliki cabang olahraga unggulan yakni pencak silat ini optimis berusaha tampil maksimal pada saat pelaksanaan O2SN mendatang. Sehingga prestasi membanggakan bisa tertoreh kembali di tahun ini.

Ditemui diruangannya, Pembina pencak silat sekaligus guru olahraga SMPN 3 Gunung Sari, Muhammad Sofyan, menerangkan jelang pelaksanaan O2SN, pihaknya terus melakukan persiapan. “Kita sedang mempersiapkan diri, agar bisa tampil lebih baik lagi pada pelaksanaan O2SN nanti,” katanya kepada Grafika News, Kamis (06/02/2020).

Karena menjadi prioritas, pelaksanaan O2SN nanti, lanjut Sofyan, SMPN 3 Gunung Sari akan menurunkan banyak kelas, mulai dari kelas D, E dan F untuk kelas tanding dan seni tunggal. “Olahraga pencak silat memang sudah menjadi andalan kita dan sudah menjadi prioritas,” tuturnya.

Diakuinya, berkembangnya pencak silat di SMPN 3 Gunung Sari, sudah sejak empat tahun lalu. Untuk menjaring bibit atlit, Sofyan menuturkan, ia juga sibuk mengajar kegiatan ekstrakulikuler lain di SDN 2 Jatisela. Jadi para siswa yang memiliki bakat pencak silat di tingkat SD, oleh pihak pelatih direkrut untuk melanjutkan sekolah di SMPN 3 Gunung Sari. “Siswa yang sudah memiliki potensi, kita rekrut masuk di SMPN 3 Gunung Sari,” katanya.

Setelah masuk di SMPN 3 Gunung Sari, kemudian keahlian para siswa dimantapkan kembali dengan diberikan latihan yang memadai. “Bibit atlit pencak silat sudah disiapkan dari SD,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Kepala SMPN 3 Gunung Sari, Ahmad Gani menambahkan, para siswa ini sejak SD sering mendapat juara karena biasa diajak tanding keluar, sehingga begitu mereka masuk ke SMPN 3 Gunung Sari mereka semakin mantap.


Di sekolah, para siswa mengikuti latihan pencak silat dua kali dalam satu pekan, namun untuk latihan non formal diluar sekolah dilaksanakan hampir setiap hari. “Kita siapkan matang-matang karena semua perguruan juga mempersiapkan diri,” ungkapnya.

Untuk diketahui, SMPN 3 Gunung Sari mempunyai 2 atlit andalan dalam pencak silat, yakni Kafi Million yang merupakan juara 2 pada O2SN tingkat Kabupaten Lombok Barat tahun lalu, dan satu lagi atlit cewek yang menjadi juara 1 pada O2SN tingkat Provinsi pada kategori seni beladiri tunggal baku. (Yyt)

Tags: