SMAN 1 Jonggat Siap Hadapi Asesmen Nasional

GrafikaNews.com - Lombok Tengah - SMAN 1 Jonggat bekerja sama dengan Kantor Bahasa Provinsi NTB menyelenggarakan lokakarya Asesmen Nasional. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka merespons kebijakan pemerintah mengenai penggantian Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Nasional (AN).

Kepala SMAN 1 Jonggat, Dian Iskandar Jaelani mengatakan, dalam kegiatan ini pihaknya melibatkan beberapa narasumber, diantaranya: Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, Kantor Bahasa NTB, Universitas Mataram, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Tengah.

“Lokakarya dihadiri 70 orang guru, 24 orang tenaga kependidikan, serta 62 orang peserta didik SMAN 1 Jonggat. Hadir juga koordinator pengawas SMA, SMK, SLB Lombok Tengah, Perhimpunan Hubungan Masyarakat (Perhumas) NTB,” kata Dian.

Kegiatan lokakarya Asesmen Nasional selama 3 hari ini (11-13/12) dilaksanakan dengan mengedepankan protokol pencegahan Covid-19. Peserta wajib memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak.

“Tak hanya bertujuan untuk mengetahui seluk-beluk AN. Lokakarya ini juga dapat meningkatkan wawasan dan pemahaman peserta mengenai survei karakter, survei lingkungan belajar, pedoman penulisan surat dinas yang baik dan benar, etika bersosial media, serta jurnalistik,” jelas Dian.

Guna kelancaran dan keoptimalan hasil kegiatan lokakarya, beberapa langkah diterapkan oleh SMAN 1 Jonggat, seperti membentuk susunan kepanitiaan kegiatan lokakarya, melibatkan pengurus OSIS, serta menciptakan lingkungan yang kondusif dengan membagi peserta lokakarya menjadi 3 Klaster.

"Kami membagi menjadi 3 Klaster:  guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik dengan pemberian materi yang berbeda-beda" terang Dian.

Klaster guru, Lokakarya diselenggarakan di ruang guru. Pembahasannya mencakup AN, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan implikasinya pada pembelajaran, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Untuk klaster tenaga kependidikan, kegiatan lokakarya diselenggarakan di ruang tata usaha (TU) dengan pembahasan materi mengenai pedoman penulisan surat dinas yang baik dan benar. Untuk klaster peserta didik, kegiatan lokakarya diselenggarakan di aula “Insan Cita” SMAN 1 Jonggat. Pembahasan seputar materi etika bersosial media, jurnalistik, serta AN.

“Diharapkan melalui kegiatan lokakarya Asesmen Nasional (11-13 Desember-Red) ini dapat memberikan manfaat bagi guru, tenaga kependidikan, serta peserta didik SMAN 1 Jonggat,” tutup Dian. (Eff*)

Leave a Reply