Sinergi BBPOM Mataram dan Polda NTB, Berantas Obat dan Makanan Ilegal

GrafikaNews.com - BBPOM Mataram dan Polda NTB melakukan operasi pemberantasan obat dan makanan ilegal setelah menerima informasi dari Direktorat Intelijen Obat dan makanan di salah satu sarana ekspedisi di NTB.

Dalam operasi gabungan yang dilaksanakan pada hari ini telah diamankan 4 buah handphone dan 4 jenis obat yang telah  ditarik peredarannya dari apotek. Beberapa jenis obat yang di amankan adalah obat golongan Psikotropika semisal :

- Triheksiphenidil
- Tramadol
- Dextrometorphan dan 
- Alprazolam

Polda NTB berhasil menangkap 1 tersangka dengan inisial S dan 1 tersangka lain berinisial SH masih buron.

“Adanya temuan produk ini mengindikasikan bahwa demand( permintaan) dan supply (pasokan) terhadap kesediaan farmasi ilegal masih tinggi,“ kata Kepala BBPOM Mataram, Drs. Zulkifli saat jumpa pers bersama awak media di Aula Kantor BBPOM Mataram, Kamis (5/11).

“Hal ini disebabkan karena mudahnya akses pembelian secara online menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat karena segi kepraktisannya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Drs. Zulkifli  mengharapkan kepada masyarakat agar menjadi konsumen yang cerdas sebelum membeli produk dengan mengecek kemasan, izin edar dan tanggal kadaluarsa dari produk obat dan makanan yang dibeli.

"Masyarakat maupun konsumen perlu memiliki kesadaran mengenai hak dan tanggung jawab, berkaitan dengan mutu dan keamanan produk," tegasnya.

BBPOM dan Polda NTB secara rutin dan terus menerus berkomitmen untuk memberantas peredaran obat dan makanan ilegal untuk melindungi masyarakat dari resiko obat dan makanan yang tidak aman.

Hingga saat ini, BBPOM Mataram dan Polda NTB masih melakukan pengembangan dengan pemeriksaan saksi terhadap kasus temuan ini. (Ads)

Leave a Reply