SDN 1 Sembung, Peraih Juara 1 Perpustakaan Sekolah Kabupaten Lombok Barat

Raihan Medali Penghargaan SDN 1 Sembung

Grafika News - Lombok Tengah - SDN 1 Sembung beralamat di Jl. Pahlawan No. 3 Sembung, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Ditemui di ruangannya, Kepala sekolah H. Salihin, S. Pd.SD bertutur terkait perkembangan dan aktifitas belajar mengajar di sekolah. 

Di bidang akademik, sekolah saat ini sedang memberikan tambahan waktu belajar di sore hari bagi siswa. Pelajaran tambahan atau LES ini, diberikan sebagai bekal bagi siswa kelas 6 untuk menghadapi Ujian Nasional. Selain itu, siswa juga akan menjalani Try Out di akhir Februari mendatang. 

Selain kegiatan akademik, H. Salihin menjelaskan tentang kerja sama sekolah dengan Pemerintah Desa di bidang keamanan dan prestasi. "Alhamdulillah tembok sekolah di bangun oleh bantuan desa. Selain itu, pada setiap kenaikan kelas, selain wali murid, kami juga mengundang pihak desa untuk memberikan reward pada anak didik kami yang berprestasi", kami bersinergi, bekerja sama dan saling membantu dengan desa untuk memajukan pendidikan, tutur H. Salihin.

SDN 1 Sembung yang terus berbenah ini, tercatat memiliki banyak prestasi di berbagai bidang Akademik dan Non Akademik, diantaranya: Juara Drum Band, Sepak Bola OS2N, Lomba Bercerita, Atletik, Cerdas Cermat, CALISTUNG, sampai Juara 1 Perpustakaan Sekolah di Kabupaten Lombok Barat Tahun 2019.

H. Salihin yang sudah menjadi kepala sekolah sejak 5 Januari 2015 ini juga menuturkan terkait ruang kelas belajar, "5 ruang kelas belajar sudah kami lengkapi dengan LCD untuk aktifitas belajar mengajar. Insyaallah di 2020 ini, semoga semua ruang kelas belajar bisa di lengkapi LCD". 

Ia juga menambahkan, "semoga di 2020 kami juga mendapat bantuan 2 ruang kelas belajar lagi untuk 58 murid kelas 1 dan 59 murid kelas 2 guna efektivitas belajar mengajar di SDN 1 Sembung" harapnya.


Terkait Perpustakaan Sekolah, Resti Sasmita, S.Pd pengelola Perpustakaan SDN 1 Sembung memberikan keterangan, "Perpustakaan SDN 1 Sembung, merupakan perwakilan pertama dari Kecamatan Narmada yang berhasil meraih juara 1 Lomba Perpustakaan Sekolah di tingkat Kabupaten Lombok Barat".

Berbicara pengelolaan, kami berusaha melengkapi kelengkapan perpustakaan mulai dari buku-buku bacaan, rak buku, sampai ke pasilitas pendukung lainnya, kami juga dengan senang hati akan menerima jika ada bantuan dari donatur atau pemerintah terkait. 

Perpustakaan Sekolah SDN 1 Sembung merupakan salah satu dari 4 Perpustakaan di Lombok Barat yang akan mengikuti akreditasi. "Setelah lulus akreditasi, nanti akan di lanjutkan ke tingkat Provinsi" semoga lolos akreditasi. Selain itu, untuk menarik minat baca siswa, "ada penghargaan untuk pustakawan cilik, lomba  puisi, cerita pendek dan lain-lain. Juaranya akan mendapat hadiah dan karyanya akan di tempel di mading sekolah" tutup Resti. (Eff)

Tags: