SDN 1 Labuapi Siapkan 4 Kiat Penyusunan Soal US

Kepala SDN 1 Labuapi Hj. Sri Fitriani dan Anggun Aulia Firmansyah & Najwa Salsabila Rasyad Siswa Kelas 6

Grafika News - Lombok Barat – Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI telah menetapkan Ujian Sekolah (US) sebagai pengganti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).Ujian Sekolah tahun ini akan menjadi petunjuk baru dalam penyusunan soal. Menanggapi hal ini, Kepala SDN 1 Labuapi Hj. Sri Fitriani mengaku sekolah siap menyambut pelaksanaan US tahun ini.

“Ada 59 siswa 2 rombongan belajar yang akan mengikuti Ujian Sekolah (US). Siswa kami sudah siap begitu juga guru guru kami. Untuk Ujian Nasional akan di adakan atau tidak di adakan kami sudah mempersiapkan siswa kami,” tuturnya kepada Grafika News, Selasa (11/02/2020).

Hj. Sri, sapaannya, mengatakan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) sudah bekerja secara maksimal dalam menyusun kisi-kisi soal US. Dan sekarang para siswa sedang melaksanakan Try Out di minggu pertama. “Siswa kami sekarang sedang Try Out pertama, jeda 1 minggu diadakan Try Out kedua dan jeda 1 minggu lagi Try Out ketiga. Siswa kami juga akan mendapatkan pengayaan setelah pulang sekolah tepatnya di waktu Ishoma (Istirahat Sholat Makan),” papar mantan Kepala SDN 2 Terong Tawah ini.

Dalam mempersiapkan US, Kepala Sekolah yang baru menjabat selama 5 bulan ini mengatakan SDN 1 Labuapi telah menyiapkan Empat langkah penyusunan kisi-kisi US. Pertama adalah melakukan penyusunan kisi-kisi dan soal tulis selain tiga mata pelajaran dan ujian praktik seluruh mata pelajaran. Kemudian menyusun soal dan pendalaman materi US. Kisi-kisi yang disusun untuk ujian tulis dan praktik seluruh mata pelajaran , khusus mata pelajaran Bahasa Indonesia , Matematika, IPA hanya ujian praktik.

Hj. Sri juga menuturkan, Adapun penyusunan kisi-kisi soal yang harus dilakukan guru, yaitu melakukan pemetaan materi, menentukan Kompetensi Dasar (KD), menyusun kisi-kisi soal sesuai format mengacu pada kisi-kisi US tahun 2019, menela’ah kisi-kisi, mengetik kisi-kisi, soal, kunci jawaban, serta panduannya.

“Semoga US dan UN di SDN 1 Labuapi berlangsung sukses pelaksanaan dan sukses hasilnya,” harapnya.


Lebih lanjut, Hj. Sri memaparkan terkait prestasi siswa, SDN 1 Labuapi banyak meraih prestasi juara, ditingkat akademik maupun non akademik. Pada cabang atletik juara 1 & 2 bulan Januari di Lapangan Umum Labuapi. Renang juara 1 putri dan juara 3 putra di tahun 2020 di kolam renang Kecamatan Gebang. Serta menjuarai FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) yang dimenangkan siswi kelas 6 bernama Anggun Aulia Firmansyah & Najwa Salsabila Rasyad, di taman budaya Narmada.

“Kedepannya, mudah mudahan siswa kami menjadi siswa yang selalu berprestasi. Bisa mempertahankan prestasi prestasi yang sudah di raih, dari tahun ke tahun bila perlu kita tingkatkan, dukungan masyarakat juga terus meningkat,” harapnya.

“Terima kasih kepada pemerintah khususnya Kabupaten Lombok Barat fasilitas gedung kami sudah memadai,” ucapnya.

Untuk diketahui, SDN 1 labuapi memiliki jumlah tenaga pengajar sebanyak 21 orang. Terdiri dari guru-guru termasuk kepala sekolah berjumlah 11 orang dan sisanya tenaga honorer. Dengan jumlah siswa dari kelas 1 sampai kelas 6 ada 406 siswa dengan 13 rombongan belajar. (Yyt)

Tags: