Persiapkan Porprov 2022, PASI Banyuwangi Gelar Tes Prestasi Atlit

Ketua PASI banyuwangi Ahmad Yani dan Kabid Umum  PASI Agus Sujiono

Grafikanews.com-Banyuwangi- Guna memepersiapkan kejuaraan Pekan Olahraga Provinsi ( Porprov) Jawa Timur, Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Banyuwangi menggelar Test Prestasi Atlit.

Bertempat di gelanggang atletik GOR Tawang alun Banyuwangi pada hari Minggu, 11/4/2021, PASI  Banyuwangi  mengadakan latihan bersama antar semua club atletik dan perwakilan sekolah di seluruh Kabupaten Banyuwangi. 

Dalam kesempatan di sela-sela acara itu, ketua PASI Banyuwangi Ahmad Yani menerangkan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk  meng – grade prestasi atlit.

"Disaat ini kita mengadakan latihan bersama sebagai tahap awal, untuk yang sekarang  tujuannya meng- grade prestasi atlit sesuai dengan nomor yang di perlombakan di Porprov, selanjutnya kita  akan mengadakan latihan berkesinambungan sampai mendekati  jadwalnya Porprov,  Ini juga parameter pada nomor nomor yang diperlombakan  sehingga dari sini kita akan mengadakan Training Centre(TC)," terang Yani.  

Rencananya, bulan September mendatang PASI  bersama dengan Dispora akan mengadakan  perlombaan antar tingkat pelajar,  untuk kelompok usia SD, SMP, SMA/k dan tidak menutup kemungkinan usia mahasiswa. Event tersebut juga sebagai ajang penjaringan bagi atlit untuk even Porprov. 

"Tim pembinaan  prestasi PASI akan melakukan konsolidasi Antar lintas pelatih untuk memacu atlit-atlit berprestasi,  dan  berharap do'a dari wali atlit dan partners termasuk teman media, juga ikut mensuport sehingga ada rumpun kekeluargaan sehingga para atlit yang kita bina mendapatkan suplemen doa dan juga partisipasi untuk bisa lebih berprestasi," tambahnya.  

Pada kesempatan yang sama, Agus Sujiono, selaku Kabid. Umum  PASI menjelaskan bahwa kegiatan test prestasi itu yang diadakan itu merupakan kebutuhan masing- masing club untuk melihat hasil dan evaluasi setelah beberapa waktu pelatihan.

“Bagi PASI, even ini  dimanfaatkan  untuk sekalian menjaring atlit,  jika ada atlit yang potensi,  masuk standart  Porprov , maka akan kita data. Test prestasi  ini diikuti sekurang- kurangnya 100 lebih atlit dari 5 club atletik di Banyuwangi,  juga para atlit yang mendaftar atas nama sekolahnya dari berbagai tempat di Banyuwangi, Rogojampi, Genteng, Muncar  dan daerah lain diwilayah Kabupaten Banyuwangi,”urai Agus.  

Nomor atletik yang di perlombakan kata Agus,  lari sprint 60m, 100m, 200m,  400m, 1000m dan jalan cepat 3.000m, juga lompat jauh dan tolak peluru.

Agus menambahkan, "sebenarnya di cabang atletik ada 44 nomor/kategori yang dipertandingkan, ini adalah peluang besar untuk mendapatkan juara umum bila kita menguasainya,  semoga KONI Banyuwangi bisa memproritaskan dana  bagi para  Atlit,” harap Agus.

Test prestasi itu adalah  dasar kerangka Porprov,  tahapan kegiatannya  di bulan September - Januari,  dan di bulan April merupakan  penentuan ajang Promosi Degradasi  (Promdeg). 

Bagi atlit yang layak dan memenuhi  standart  akan dipersiapkan turun di Porprov. yang  rencananya diperlombakan pada  bulan Juli tahun 2022 bertempat di kabupaten Jember.

Sementara itu salah seorang peserta test prestasi atlit, Bintang Adyatma mengaku senang dengan event itu.

“Saya sangat senang dengan seleksi ini dan semua teman atlit juga sudah lama menunggu, untuk mengukur kemampuan serta  agar semangat  lebih giat berlatih,”kata atlit yang menempati urutan 4 kategi SMP/SMA di nomor 1000 M itu.(JK)

Leave a Reply