PERCASI NTB Butuh Perhatian dan Dukungan Untuk Kemajuan Catur NTB

Wakil Ketua I PD Percasi NTB, Tahir Royaldi, S.I.P, M.A.P

Mataram, GrafikaNews.com - Wakil Ketua I PD Percasi NTB, Tahir Royaldi, S.I.P,  M.A.P, meminta perhatian khusus Pemda Provinsi NTB khususnya kepada Gubernur Zulkieflimansyah untuk memberikan perhatian khusus dan support untuk kemajuan olahraga Catur di daerah NTB.

Selama ini menurut Tahir, selaku pengurus PERCASI NTB pihaknya terus mendapat masukan dari berbagai pihak agar Catur mampu meraih prestasi  terbaik yang dibuktikan dengan raihan medali emas. Namun harapan ini katanya cuma retorika. 

"Bagaimana mungkin? katanya, atlit bisa meraih prestasi maksimal  sementara dukungan dana pemda dibawah minimal," ujar pria yang juga menjadi Tim Sukses Ring 1 pasangan Zul -Rohmi 3 tahun silam.

Dikatakan Tahir, selama ini kondisi para atlet catur NTB sangat memprihatinkan karena kurangnya perhatian dan dukungan dana dari Pemda setempat. Akibatnya, ada Master Nasional NTB  yang berpindah ke daerah lain dikarenakan daerah lain mau dan mampu membiayai atlet catur tersebut. 

Dalam konteks ini, lanjutnya, bukannya atlet tidak mau membela daerah sendiri. Tapi karena daerah lain mampu mengakomodir para atlet terutama waktu, biaya dan tenaga yang dikeluarkan cukup mahal.

"Dan ketika atlet ini berhasil sukses membawa nama daerah lain, pemerintah mengatakan atletnya tidak mau membela daerah sendiri," tegasnya saat ditemui Grafikanews di sela pelantikan pengurus baru PD PERCASI NTB di Mataram, kemarin.

Lebih lanjut, Tahir menuturkan, ditengah kondisi yang serba minim ini membuat atlet tidak memiliki kepercayaan diri. 

"Bahkan untuk tampil sendiri kita kurang PD karena seragam kostum, sepatu  yang kita pakai semua kurang elok dibanding dengan peserta daerah lain," paparnya.

Namun demikian, Tahir  optimis, dengan Ketua  Umum yang baru terpilih di PERCASI NTB yakni Syamsul Luthfi, S.E, M.S.I akan menggiatkan semangat para atlet dan master catur daerah untuk berlatih lebih keras.

Bahkan menurutnya, semenjak ketua baru ini  terpilih, PERCASI NTB telah melakukan 3 kali open turnamen di tingkat provinsi. " Ini menandakan geliat olah raga catur NTB bangkit kembali," ujarnya.

Saat ini PERCASI NTB sedang mempersiapkan calon Master yang mulai dibina dari Tingat SD, SMP, SMA, Veteran dan umum untuk lebih menggiatkan antusiasme masyarakat  Catur NTB. (Shr)

Tags:

Leave a Reply