Pemuda Desa Darek Adakan Penanaman 1000 Pohon

Ketua Ikatan Alumni Darul Hikmah (IKADHA) Darsono Yusin Sali

Grafika News – Lombok Tengah - Sebagai bentuk perhatian terhadap kelestarian lingkungan sekitar, Ikatan Alumni Darul Hikmah (IKADHA) akan menggelar penghijauan dengan menanam 1000 bibit pohon di Desa Darek, Kecamatan Praya Barat Daya, Lombok Tengah.

Kegiatan tersebut rencananya akan berlangsung Sabtu, 8 Februari 2020 mendatang. Dengan titik pusat penanaman di area Ponpes Darul Hikmah. Kemudian dilanjutkan di sepanjang jalan menuju Dusun Mentokan dan sepanjang jalan menuju area pekuburan umum Panji. "Kita sepakati penanaman pohon berlangsung hari Sabtu," kata Ketua Ikatan Alumni Darul Hikmah (IKADHA) Darsono Yusin Sali saat ditemui di kawasan Gomong, Kota Mataram Rabu, (5/2/2020).

Yusin menambahkan, selain IKADHA, Kegiatan ini akan melibatkan pemuda Desa Darek dari berbagai elemen seperti Ikatan Pemuda Desa Darek (IPD), Remaja Darul Hikmah Islamic Pesantren (RDHIP) dan masyarakat desa.

"Kegiatan Sabtu besok akan di ikuti oleh beberapa organisasi dilingkup desa darek dan tentunya masyarakat umum. kemudian ada berbagai jenis bibit pohon yang akan ditanam. Diantaranya pohon Mahoni, Matoa, Nangka, Kemiri, dan Gaharu," tambahnya.

Lebih lanjut, Yusin mengatakan penanaman pohon bertujuan agar lingkungan sekitar menjadi sehat. Terlebih saat ini polusi udara tidak bisa dihindari dikarenakan banyaknya gas karbon monoksida yang terbuang dari kendaraan bermotor.

"Pohon berfungsi menghasilkan oksigen yang membantu kelancaran pernafasan pada manusia. Selain menghasilkan oksigen untuk membantu manusia bernafas, manfaat dari pohon juga membantu menyerap zat karbon monoksida atau lebih tepatnya asap kendaraan bermotor" imbuhnya.

Pihaknya mengaku telah mempersiapkan kegiatan ini sejak jauh-jauh hari. "Persiapannya sudah lama dan panitiapun telah terbentuk," tutupnya. (Gus)

Tags:

Leave a Reply