Pemkab Blitar Siapkan Dua Hotel untuk Isolasi PMI

Blitar, Grafikanews.com - Pemerintah Kabupaten Blitar menyediakan dua hotel di Kabupaten Blitar untuk karangtina Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru pulang dari luar negeri. Kedua hotel ini di Kecamatan Ponggok dan Kecamatan Wlingi. 

Kapolres Blitar, AKBP Leonard M Sinambela mengatakan, bahwa kapasitas kedua hotel ini yakni 43 orang. Untuk di hotel di Kecamatan Ponggok berkapasitas 35 orang dan hotel di Kecamatan Wlingi berkapasitas 18 orang. 

Berdasarkan data Disnaker Kabupaten Blitar, mulai 30 April hingga 03 Mei, sudah ada 78 PMI yang pulang dari luar negeri. Hingga Senin (03/05/2021) sudah ada 31 PMI yang pulang setelah mejalani karantina, sehingga yang menjalani karantina tinggal 57 orang. 

Para PMI ini menjalani karantina selama lima hari. Mereka menjalani karantina di Provinsi Jawa Timur selama dua hari dan tiga hari mejalani karantina di Kabupaten Blitar. Mereka yang sudah diperbolehkan pulang untuk berkumpul bersama keluarga yang sudah menjalani tes PCR. "Bila ada tes PCR PMI reaktif, maka akan langsung dibawa ke rumah sakit rujukan," ungkap Leo.

Untuk PMI yang sudah habis kontrak menjadi tanggungan pemerintah, namun bila PMI pulang kampung menjadi tanggungan pribadi. 

Sementara itu, untuk wilayah Kota Blitar hingga saat ini ada tiga PMI yang sedang menjalani karangtina. "Ada 35 orang yang menjalani karangtina di Kota Blitar, hanya 3 warga yang Kota Blitar," ungka Santoso.(Oby)

Tags:

Leave a Reply