PAW Wakil Ketua DPRD NTB: Farin Resmi Gantikan Mori

Suasana pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Nauvar Furqoni Farinduan sebagai Wakil Ketua DPRD NTB, Rabu (24/8).

Mataram, Grafikanews.com — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) NTB menggelar rapat paripurna pengambilan sumpah janji dan pelantikan pimpinan DPRD NTB Pergantian Antar Waktu (PAW) Wakil Ketua DPRD NTB, Rabu (24/8).

Ketua Pengadilan Tinggi Provinsi NTB Achmad Setyo Pudjoharsoyo yang secara resmi melantik Nauvar Furqoni Farinduan menggantikan posisi yang sebelumnya dijabat H Mori Hanafi menjadi Wakil Ketua DPRD NTB sisa masa jabatan 2019-2024.

Ketua DPRD NTB Baiq Isvie Rupaeda selaku pimpinan rapat dalam sambutannya mengatakan, DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai lembaga legislatif merupakan perwujudan representatif dari masyarakat luas, sehingga anggota DPRD dituntut untuk mampu menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat yang diwakilinya demi meningkatkan kesejahteraan dengan energi yang kuat antara eksekutif dan legislatif melalui kebijakan-kebijakan dan program yang diharapkan akan mampu membawa Nusa Tenggara Barat yang gemilang menjadi lebih baik kedepannya.

"Mari kita bersama-sama mewujudkan Nusa Tenggara Barat Gemilang melalui kerja keras, kerja ikhlas, dan kerja cerdas di tengah semakin kompleksnya kondisi dan kebutuhan masyarakat," ujarnya.

"Kita dituntut untuk mempunyai kemampuan kepekaan dan profesionalitas dalam merumuskan program kerja yang sekaligus mendorong terlaksananya program pembangunan daerah dengan cara merumuskan berbagai kebijakan maupun dalam melaksanakan fungsi kontrol terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah," tambahnya.

Ditegaskan Isvie Rupaeda, Pergantian Antar Waktu (PAW) Wakil Ketua DPRD NTB ini sudah sesuai dengan ketentuan peraturan DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat tentang tata tertib.

"Kepada Saudaraku Nauvar Furqoni Farinduan sebagai pimpinan yang baru, kami atas nama pimpinan dan seluruh anggota DPRD mengucapkan selamat bekerja. Segera menyesuaikan diri dalam melaksanakan tugas pengambilan format ini untuk bersama-sama meningkatkan kinerja institusi sekaligus peningkatan hubungan kerjasama dan koordinasi," ucap Isvie.

Ketua DPRD NTB itu juga mengingatkan kepada Farin untuk selalu menjaga kekompakan dalam menjalankan tugas. "Kami ingatkan saudara dalam melaksanakan tugas dan fungsi tidak boleh berjalan sendiri-sendiri," tuturnya.

Lebih lanjut, Ketua DPRD NTB turut memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih khusus kepada H Mori Hanafi atas sumbangsih selama ini dalam mengawal jalannya pemerintahan di DPRD Provinsi NTB.

"Khusus kepada H Mori, kami atas nama pimpinan dan segenap anggota DPRD NTB mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas sumbangsinya dalam mengawal jalannya pemerintahan selama ini. Semoga apa yang diperbuat dapat menjadi amal ibadah dan mendapatkan ganjaran dari Allah SWT," ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD NTB menyampaikan
mengenai pelantikan Yek Agil sebagai Wakil Ketua DPRD menggantikan H Abdul Hadi belum bisa dilakukan karena surat keputusan pengangkatan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) belum terbit.

"Mohon maaf atas nama pimpinan, untuk SK pengangkatan Yek Agil masih berada di Kemendagri. Insyaallah jika hari ini SK bisa kami terima, paling lambat hari Jumat kami akan lakukan sumpah jabatan dan pelantikan," pungkas Isvie Rupaeda.
Ditempat yang sama, Wakil Gubernur NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang hadir pada kesempatan itu menyampaikan selamat kepada pimpinan DPRD yang baru, yakni Nauvar Furqoni Farinduan yang sebelumnya menjabat Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD NTB.

"Selamat atas pengambilan sumpah janji dan pelantikan pimpinan DPRD provinsi NTB pengganti antar waktu sisa masa jabatan tahun 2019-2024 saudara Nauvar Furqoni Farinduan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya terkhusus kepada Bapak Mori Hanafi, SE, M.Comm. atas pengabdian dan kiprahnya selama ini bagi NTB," ujar Ummi Rohmi, sapaan akrabnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa pembangunan di NTB diwarnai dengan berbagai kemajuan dan perkembangan yang signifikan.

"Perkembangan yang baik ini tentu merupakan hasil ikhtiar dan sinergi kita sebagai pemangku amanah masyarakat, baik itu eksekutif maupun legislatif, prestasi ini harus terus kita pertahankan dan tingkatkan tanpa adanya koordinasi dan sinergi dalam melaksanakan pembangunan maka berbagai tujuan yang ingin diraih tentu akan sulit diwujudkan," ungkapnya.

Sementara itu, Nauvar Furqoni Farinduan dalam kesempatan itu mengatakan, akan terus belajar dan bersinergi untuk bisa menjalankan berbagai tugas.

"Insyaallah kita bersama-sama untuk terus bersinergi dan saya akan terus belajar dan memaksimalkan untuk menjalankan tugas kelembagaan," katanya.

Ia juga akan segera menyesuaikan diri untuk ikut serta mengidenifikasi berbagai permasalahan dengan kehadiran pimpinan DPRD yang lengkap.

"Pertama saya harus belajar cepat, mengidentifikasi berbagai problem, permaslahan-permaslaahan yang mungkin harus segara diselesaikan dengan kehadiran pimpinan yang lengkap, karena sebelumnya kevakuman pimpinan sudah hampir 3 bulan artinya PR ini harus segera diselesaikan," pungkasnya. (Red)


Tags: