Masjid Bayan Beleq Konsisten Pertahankan Tradisi

Masjid Bayan Beleq di Kabupaten Lombok Utara.

GrafikaNews.com - Masjid Bayan Beleq berarsitektur sederhana, namun di balik gaya arsitektur yang sederhana itu Masjid Bayan Beleq memiliki sejarah panjang tentang kedatangan Islam di pulau Lombok.

Masjid Bayan Beleq berdiri sekitar abad ke 16, terletak di Jalan Labuan Lombok, Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Masjid Bayan berjarak sekitar 80 km dari Kota Mataram. Masjid ini resmi dikukuhkan sebagai cagar budaya nasional dengan SK MENTERI No PM.19/PW.007/MKP/2007.

Tempo dulu, Masjid Bayan Beleq tetap digunakan untuk beribadah sholat setiap hari, namun saat ini lebih banyak digunakan untuk acara-acara besar keagamaan seperti  perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Pada Agustus 2018 saat gempa menggunjang pulau Lombok, Masjid Bayan Beleq tetap kokoh dan tetap terjaga baik arsitekturnya. Jika diperhatikan dari luar, hanya dinding pagar yang berada dekat gerbang masuk yang terbuat dari semen dan bata saja yang terlihat runtuh.

Zulkarnain, seorang wisatawan lokal  mengatakan ketertarikannya pada Masjid Bayan Beleq. Ia hampir setiap tahun datang ke Masjid Bayan Beleq terutama pada saat perayaan Maulid Nabi dan pada akhir-akhir tahun seperti ini.

“Saya senang dengan artefak kebudayaan seperti ini dan hampir setiap tahun saya berkunjung kesini, terutama pada perayaan Maulid Nabi. karena saat maulid Nabi itu, banyak wisatawan ke sini untuk melihat tradisi maulid orang Bayan,” tuturnya.

“Menarik di sini (Masjid Bayan Beleq), selain gaya bangunannya juga memiliki nilai budaya dan sejarah islam yang panjang,” ungkap Zulkarnaen.

Meskipun kini masjid sudah banyak yang berarsitektur modern, masjid Bayan Beleq tetap mempunyai daya tarik tersendiri, salah satunya karena masjid ini berdinding dari bambu yang tepat kokoh sampai saat ini dan mempunyai sejarah panjang tentang datangnya Islam di pulau Lombok.

Menilik jurnal yang ditulis oleh Rozita, Andi Suprianto, Mardani, Lalu Masyhudi dan Rizal Kurniansah dari Sekolah Tinggi Parwisata Mataram yang berjudul “Kajian tentang Potensi Daya Tarik Wisata Syariah di Pulau Lombok” dijelaskan bahwa Masjid Bayan Beleq merupakan destinasi wisata Islami yang bisa dikunjungi di pulau Lombok, selain Taman Makam Bintaro, Masjid Islamic Center, dan Makam Selaparang yang berada di Lombok Barat. (hyn)


Tags: