Kunker Ramadhan di 10 Kecamatan, Kemenag Lobar Salurkan 1.500 eksemplar Al-Quran

Kasi Islam

GERUNG, GrafikaNews.com - Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Kasi Pakis) Kemenag Lobar, Zainudin SH MH mengatakan, selama Bulan Ramadhan pihaknya melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) Ramadhan ke pondok pesantren yang ada di setiap kecamatan di Kabupaten Lombok Barat.

Menurut Zainudin, tujuan Kunker Ramadhan ini untuk menyapa masyarakat  santri dan berdiskusi mengenai berbagai persoalan yang dihadapi untuk dicarikan solusinya.

Disetiap diskusi, pertanyaan yang sering dilontarkan santri antara lain soal sholat tarawih berjamaah ditengah pandemi, cara taddarus Al-Qur'an supaya tidak mengganggu umat lain, soal haji yang tertunda dan persoalan lain yang dihadapi ditengah pandemi. 

"Kegiatan ini sudah dimulai sejak 21 April dan akan berakhir 7 mei mendatang," jelasnya kepada GrafikaNews.com, Rabu (28/4).

Selain acara diskusi dengan pondok pesantren pihaknya juga menyerahkan paket bantuan kepada fakir miskin dan yatim piatu berupa Al-Quran, paket sak semen dan santunan kepada yatim piatu. 

"Bantuan berupa kitab suci Al-Quran kami peroleh dari sumbangan Wakaf para ASN lingkup Kemenag Lobar, yang juga bekerjasama dengan Guru PAI TK, SD,  SMP, SMA, SMK, berhasil terkumpul sekitar 1.500 eksempelar dan sudah disalurkan  sekitar 1.300 buah," ujarnya.


Dia menambahkan, Kitab Suci Al-Quran itu disalurkan kepada masjid, musholla, TPQ, Ponpes serta masyarakat yang membutuhkan. "Bagi masjid dan musholla yang membutuhkan Al-Quran, bisa membuat surat permohonan ke Kemenag Lobar," jelasnya.

Sementara bantuan paket semen dan Paket Santunan kepada yatim piatu diperoleh dari kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Kunker Ramadhan yang dilaksanakan pada sore hari hingga jelang berbuka puasa ini sudah terlaksana di delapan kecamatan.

"Kunker di sejumlah ponpes seperti di Kecamatan Gunung Sari, Batulayar, Sekotong, Lembar, Gerung, Narmada, Lingsar dan Kuripan sudah terlaksana. Sementara untuk kecamatan Kediri serta Labuapi dijadwalkan tanggal 3 Mei mendatang," pungkasnya. (Shr)

Tags: