Kodim 1620/Lombok Tengah Beri Bantuan Sumur Bor di Desa Dasan Baru

Komandan Kodim 1620/Lombok Tengah Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S.IP | TNI

GrafikaNews.com - Perkuat ketahanan pangan daerah, khususnya holtikultura, Kodim 1620/Lombok Tengah memberikan bantuan sumur bor di Dusun Lombas, Desa Dasan Baru, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah. Jum'at (05/03/2021).

Bantuan berupa sumur bor tersebut diserahkan langsung oleh Komandan Kodim 1620/Loteng Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S.IP kepada masyarakat Desa Dasan Baru.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala PLN Loteng Bapak Samrul Hadi, Para Danramil dan PA Sataf Kodim1620/Loteng, Kapolsek Kopang, AKP. Suherdi, UPT Pertanian Kopang, Lalu Muh. Saleh, Kasi Trantip Kec.Kopang Iskandar, Kades Dasan Baru Moh. Zaenudin M.N. S.Kom, dan Ketua Poktan Lombas Bersatu beserta anggota.

Pada kesempatan tersebut Dandim 1620/Loteng menjelaskan, program bantuan sumur bor ini kami lakukkan guna memudahkan air bisa masuk kedalam perumahan dan lahan pertanian warga serta untuk antisipasi dampak perubahan iklim yang terjadi pada musim kemarau.

“Air ini merupakan kebutuhan yang hakiki, karena dimana ada air disana pasti akan ada kehidupan dan tanpa air kehidupan akan sulit,” ujarnya. 

Dandim juga menegaskan bahwa program bantuan irigasi pompa sumur bor adalah program yang dilakukannya dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan.


"Kegiatan ini merupakan kegiatan program Kodim, semua kegiatan yang dapat meningkatkan kehidupan masyarakat merupakan tugas kami" jelas orang nomor satu di Kodim Loteng tersebut.

Sebelumnya Kodim 1620/Lombok Tengah juga mengecek beberapa tempat sumur bor yang sudah belasan tahun tidak terpakai untuk digunakan kembali.

"Sekali lagi saya ucapkan trimakasih kepada Poktan dan perlu di ketahui bahwa Kodim hanya sekedar membantu, apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah masyarakat maka kita akan berbuat, jadi tolong para Babinsa cek lokasi sumur bor yang sudah tidak di gunakan lagi, sekiranya kita bisa bantu kita akan bantu," tegasnya. 

Sementara itu Kades Dasan Baru, Moh. Zaenudin M.N. S.Kom mengatakan, pada saat kemarau yang panjang di beberapa wilayah mengalami pengurangan debit air irigasi sehingga banyak areal persawahan yang kekurangan air, maka masyarakat akan sangat terbantus atas bantuan sumur bor dari Kodim ini. 

"Meskipun lahan persawahan di sekitar kelompok tani sebagian besar tanah berbatu namun tidak menyurutkan untuk membuat fasilitasi berupa sumur bor ini. Untuk itu saya atas nama pemerintah Desa dan Masyarakat Dusun Lombas mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Dandim 1620/Loteng yang telah memberikan bantuan berupa sumur bor di desa ini dan terima kasih juga kepada semua stackholder yang hadir pada acara ini" tungkasnya. (Red*)