Kapolsek Sekotong Sambut Baik Keberadaan Balai Mediasi Di Kecamatan

Grafikanews.com – Camat Sekotong bersama Polsek Sekotong serta sejumlah instansi terkait mengelar kegiatan silaturrahmi dan koordinasi dengan Balai Mediasi Kabupaten Lombok Barat di ruang Camat Sekotong, (Rabu, 22/7/2020). 

Kapolsek Sekotong IPTU I Kadek Sumerta SH, yang hadir saat itu menyambut baik dengan adanya balai mediasi yang dibentuk di Kecamatan Sekotong. hal itu menurutnya akan sangat membantu tugas pihak kepolisian khususnya Polsek sekotong. Terlebih kasus ringan seperti permasalahan permasalah keluarga, masalah warisan dapat diselesaiakn di balai mediasi.

“Kami sangat menyambut baik adanya Balai Mediasi ini, karena keberadaan mereka akan sangat membantu dalam penyelesaian kasus-kasus ringan. dan harapan kami semoga ini dapat disegerakan.” ucap Kapolsek Sekotong

Senada, Camat sekotong H. Toni juga merespon baik keberadaan Balai Mediasi mengingat fungsinya yang begitu strategis bisa meyelesaikan permasalahan di tingkat bawah.

“Saya berharap semua permasalahan bisa diselesaikan oleh Balai Mediasi, agar tidak langsung keranah hukum, dan di Balai Mediasi ini juga nantinya dapat digunakan untuk pelatihan,” ujarnya

Sementara Ketua Balai Mediasi Lombok Barat L. Supratman mengatakan kegiatan silaturahmi dan koordinasi ini dilakukan untuk mengenalkan bahwa tentang fungsi dari balai mediasi yakni menyelesaikan sengketa dengan musyawarah dan mufakat. Hasilnya akan dibuatkan kesepakatan perdamaian.


“Untuk anggota Balai mediasi di Kabupaten Lombok Barat yang telah dikukuhkan pada tanggal 18 juli 2020 tersebut berjumlah 18 orang” jelas Supratman

Adapun hasil dari kegiatan silaturahmi dan koordinasi yaitu antara lain Menyegerakan untuk menyiapkan wadah Balai Mediasi di tingkat Kecamatan maupun Desa. dan untuk mediator ditingkat Desa adalah Mediator yang sudah bersertifikat dan terlatih serta dianggap netral dalam mengambil keputusan. (Gus)