Joe Biden Ingatkan Semua Pihak Tetap Sabar dan Tenang Menanti Hasil

Capres AS, Joe Biden. (Sumber: CNNIndonesia.com)

GrafikaNews.com - Capres AS dari kubu Demokrat Joe Biden meminta kepada seluruh pihak untuk bersabar dan tenang menanti hasil dan menyatakan tak ada keraguan bahwa ia dan Kemala Harris akan memenangkan Pilpres AS 2020.

Ia menyampaikan pidato tersebut ditemani oleh Kemala Harris dari markasnya di Wilmington, Delaware, pada Kamis (5/11) sore waktu setempat.

"Harris dan saya terus merasa sangat senang dengan keadaan saat ini. Kami tak memiliki keraguan ketika penghitungan selesai, Harris dan saya akan dideklarasikan sebagai pemenang," kata Biden.

"Jadi, saya meminta semua pihak untuk tenang, seluruh warga untuk tetap tenang. Prosesnya sedang bekerja. Penghitungan akan komplet. Dan kita akan tahu tak lama lagi," lanjutnya.

"Maka dari itu, terima kasih atas kesabaran kalian namun kita harus memastikan semua suara terhitung," kata Biden.

CNN melaporkan, Biden juga menyinggung kasus baru Covid-19 di Amerika Serikat yang muncul karena Pemilu AS.

"Hati kami tertuju pada setiap keluarga yang kehilangan orang yang dicintai karena penyakit yang mengerikan ini," kata Biden.

Penghitungan hasil Pilpres AS 2020 berlangsung amat ketat. Hingga Jumat (6/11) dini hari waktu Indonesia, Biden masih unggul dengan perolehan suara elektoral setidaknya 253, sedangkan Donald Trump mengantongi 213.

Butuh setidaknya 270 surat suara elektoral bagi kandidat untuk memenangkan Pilpres AS. Namun sejumlah negara bagian masih belum mengumumkan pemenang di daerahnya karena masih melakukan penghitungan suara.

Salah satunya adalah Pennsylvania. Posisi Pennsylvania yang memiliki kuota 20 suara elektoral menjadi amat penting sebagai penentu kemenangan di Pilpres AS 2020.

Biden hanya butuh 17 suara elektoral untuk menang yang bisa ia dapatkan seutuhnya bila merebut Pennsylvania.

Namun bila Trump yang memenangkan Pennsylvania, Biden masih bisa menang dengan setidaknya mengantongi dua negara bagian dari Arizona, Georgia, Nevada, dan North Carolina yang masih dalam penghitungan.

Sementara itu, Pemerintah Pennsylvania mengatakan bahwa mereka sanggup menyelesaikan penghitungan surat suara di wilayah itu pada Kamis (5/11) waktu Amerika Serikat, atau pada Jumat (6/11) pagi/siang waktu Indonesia.

"Saya pikir kami jelas bisa," kata Menteri Luar Negeri Pennsylvania Kathy Boockvar kepada CNN, Kamis (5/11), kala ditanya peluang mengetahui hasil negara bagian tersebut pada akhir hari itu.

"Daerah-daerah amat semangat menyelesaikannya dan sepertinya kami lebih cepat dari jadwal," kata Boockvar.

"Saya sempat mengatakan bahwa secara keseluruhan surat suara rampung dihitung besok, namun ini tampaknya kami akan memilkinya pada hari ini," lanjutnya. (*)

 

(Sumber : CNNIndonesia.com)

Tags:

Leave a Reply