Jelang Maulid Nabi Muhammad, Warga Binaan Lapas Lombok Barat Lomba Adzan dan Sholawat

Lobar, Grafikanews.com - Menyambut peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H / 2024 M, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Lombok Barat (Lobar) Kanwil Kemenkumham NTB menggelar berbagai macam lomba mulai dari lomba adzan, lomba sholawat serta lomba ceramah keagamaan bagi warga binaan yang dipusatkan di masjid Al-Akbar Lapas Lombok Barat, Senin (9/9)

Kalapas Lombok Barat, M Fadli dalam keterangannya menyampaikan bahwa kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama yang solid antara Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Al-Akbar yang berasal dari kalangan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan juga petugas Lapas Lobar. 

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyemarakkan peringatan maulid Nabi tahun ini dan sekaligus berusaha mengambil iktibar bagaimana kita meneladani sosok Nabi Muhammad SAW, terutama tata krama dan akhlak mulianya. Kami juga berharap agar kegiatan ini dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Azza Wa Jalla,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kalapas Fadli memberikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara yang telah bekerja keras mempersiapkan kegiatan ini.

“Kami harap kegiatan ini bisa menjadi sarana untuk menjalin silaturahmi, memberikan edukasi, serta pembelajaran rohani bagi WBP. Semoga seluruh warga binaan dapat mencontoh dan mengamalkan ajaran Nabi Muhammad SAW dan menjadikannya teladan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

M Fadli juga mengajak kepada seluruh peserta untuk turut serta menyukseskan kegiatan ini bersama-sama, demi mewujudkan kehidupan yang lebih baik dan berakhlak mulia di dalam Lapas Lobar. 


Hal ini senada dengan arahan Kakanwil Kemenkumham NTB Parlindungan, bahwa WBP dalam sistem pemasyarakatan mempunyai hak untuk mendapatkan pembinaan rohani, jasmani, serta hak untuk menjalankan ibadahnya. Kanwil Kemenkumham NTB tentunya berkomitmen penuh dalam rangka mengimplementasikan pemajuan HAM. (Red)

Tags: