Jangan Percaya, 5 Mitos Salah Seputar Memasak

(Sumber : OkeZone.com)

GrafikaNews.com - Kuliner - Memasak adalah salah satu aktivitas yang penting bagi keberlangsungan hidup manusia, teknik dan bahan baku memasak pun beragam bahkan muncul inovasi baru seiring dengan berkembangnya makanan yang ingin disajikan.

Informasi seputar masakan pun beredar di tengah masyarakat. Namun, sebagian informasi tersebut hanya mitos dan tidak terbukti kebenarannya.

Dikutip dari Liputan6.com, berikut mitos salah seputar memasak:

1. Garam dapat membuat air mendidih lebih cepat

Penambahan garam ke dalam masakan hanya akan memberikan sensasi rasa yang nikmat, bukan untuk membuat air mendidih lebih cepat.

2. Telur dan susu dingin membuat roti lebih enak


Produk-produk yang terdapat di lemari pendingin memang terlihat lebih segar. Bahkan banyak yang percaya hal tersebut dapat membuat roti yang enak. Padahal, faktanya memasak dengan bahan-bahan yang dingin dapat membuat roti menjadi bantat. Anda hanya perlu menghangatkan bahan-bahan tersebut dalam rentang antara 30-60 menit dengan suhu kamar, untuk menghasilkan roti yang lembut dan lebih ringan.

3. Menghangatkan ulang nasi tidak sehat

Makanan pokok Indonesia yang satu ini dilaporkan tidak baik untuk dipanaskan ulang. Hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah tersendiri ketika nasi tersebut masih banyak tersisa. Menjawab pertanyaan tersebut, Lovefood.com menegaskan bahwa ternyata memanaskan ulang nasi tetap aman dilakukan, dengan catatan tidak lebih dari satu kali.

4. Jahe harus dikupas

Dibandingkan dikupas, kulit jahe lebih tepat untuk dikeruk dengan menggunakan sendok. Dengan begitu, Anda tidak akan kehilangan daging jahe terlalu banyak.

5. Ayam harus dibilas sebelum dimasak

Membilas ayam dengan air sebelum dimasak tidak akan terlalu berpengaruh terhadap kebersihannya. Sebab, dengan memasak sudah mampu membunuh seluruh bakteri yang ada.

Tags: