Jack Ma Muncul dalam Video Telekonferensi dengan Sejumlah Guru di China

Pengusaha dan pendiri Grup Alibaba, Jack Ma. (AFP PHOTO)

GrafikaNews.com - Pendiri grup usaha Alibaba, Jack Ma, yang diduga hilang muncul dalam telekonferensi dengan sejumlah guru.

Dilansir Reuters yang mengutip Tianmu News, Rabu (20/1), Jack Ma terlihat dalam video telekonferensi dengan seratus guru yang mengajar di wilayah pedesaan China.

Ini menjadi tanda kemunculan pertamanya sejak diduga hilang pada Oktober 2020.

Jurnalis CNBC, David Faber, melaporkan pada 5 Januari lalu yang menyatakan Jack Ma tidak hilang, dengan mengutip seorang sumber yang dekat dengan Ma.

Jack Ma disebut memang sengaja tidak muncul ke publik.

Faber mengatakan Ma "kurang terlihat, dengan sengaja", tapi ia tidak hilang.

"Apa yang dapat saya katakan kepada Anda adalah bahwa dia sangat mungkin berada di Hangzhou, di mana Alibaba bermarkas, dan dengan sengaja tidak terlihat. Tapi itu tidak berarti dia hilang," kata Faber seperti dikutip dari Times Now News.

"(Ma) belum ditangkap, dia belum diambil, dan tidak ada indikasi bahwa pemerintah akan memindahkannya dengan cara tertentu," ujarnya.

Sosok Jack Ma tidak terlihat di hadapan publik sejak mengkritik badan dan bank China, saat menjadi pembicara sebuah konferensi teknologi finansial pada Oktober 2020.

Kritik itu disebut menuai kemarahan dari regulator China dan membuat perusahaan Ma seperti Ant Group dan Alibaba mendapatkan tekanan regulasi dari otoritas China. (*)

 

 

 

 

(Doc: CNNIndonesia.com)

Tags:

Leave a Reply