Hari Ini, Komjen Listyo Sigit Dilantik Sebagai Kapolri

Kepala Bareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Antara)

GrafikaNews.com - Kepala Bareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo akan dilantik sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Idham Azis  hari ini, Rabu (27/1). Pelantikan dan pengucapan sumpah jabatan akan dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Informasi terkait pelantikan Listyo ini pertama kali diungkap Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono yang memberikan konfirmasi perihal pelantikan tersebut pada Minggu (24/1) kemarin.

"Iya (dilantik Rabu)," katanya dilansir dari CNNIndonesia.com.

Tak hanya Argo, informasi pelantikan ini juga didapat dari undangan yang diberikan kepada awak media berkaitan dengan Serah Terima Jabatan (Sertijab) antara Kapolri lama, Idham Azis kepada Listyo usai dilantik Jokowi.

Berdasarkan undangan peliputan yang diterima kalangan wartawan, kegiatan tersebut akan digelar sekitar pukul 11.00 WIB. Adapun nantinya wartawan akan meliput di Gedung Bareskrim Polri.

Listyo Sigit merupakan satu-satunya nama yang diajukan Presiden Jokowi sebagai calon kapolri menggantikan Idham yang telah masuk masa pensiun. 

DPR dalam Paripurna yang digelar Kamis (21/1) pekan lalu menyetujui penunjukan Listyo setelah sebelumnya para wakil rakyat ini menerima laporan hasil tes uji kepatutan dan kelayakan yang dilalui Listyo dari Komisi III.

Hasil rapat paripurna DPR terkait penetapan Listyo sebagai Kapolri baru itu langsung dikirim ke Istana Negara esok harinya, yakni Jumat (22/1).

Oleh karena itu, tak perlu waktu lama untuk menunggu Listyo dilantik dan resmi memegang pucuk pimpinan Korps Bhayangkara. (*)





(Doc: CNNIndonesia.com)


Tags: