Hari Ini, Jokowi Lantik 12 Dubes LBBP RI

Joko Widodo (Sumber : news.detik.com)

GrafikaNews.com - Rubrik Nasional - Hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 12 duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (Dubes LBBP) RI. Pelantikan dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta.

Dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, upacara pelantikan dimulai pada Senin (26/10/2020) pukul 09.35 WIB. Para dubes yang dilantik mengenakan masker, face shield, dan menjaga jarak satu dengan lainnya. Pelantikan 12 Dubes LBBP RI ini didasari keputusan presiden nomor 106/P/2020 tentang pengangkatan Dubes LBBP RI.

Seusai pembacaan Keppres, Jokowi memandu pengucapan sumpah jabatan yang kemudian diikuti para dubes. Pelaksanaan sumpah jabatan juga didampingi rohaniwan.

Duabelas Dubes LBBP RI ini sebelumnya sudah mengikuti fit and proper test di gedung DPR. Dari nama yang lolos, salah satunya ada politikus Golkar Roem Kono dan Heri Akhmadi yang menjadi pengganti definitif Dubes LBBP RI untuk Jepang. Posisi Dubes LBBP RI untuk Jepang definitif sebelumnya dijabat Arifin Tasrif yang kini duduk sebagai Menteri ESDM.

Berikut nama 12 Dubes LBBP RI yang dilantik Jokowi:

1. Dindin Wahyudin, Dubes LBBP RI untuk Republik Senegal merangkap Republik Cabo Verde, Republik Gambia, Republik Guinea, Republik Guinea Bissau, Republik Mali, Republik Pantai Gading, dan Republik Sierra Leone, berkedudukan di Dakar.


2. Roem Kono. Dubes LBBP RI untuk Bosnia dan Herzegovina, berkedudukan di Sarajevo.

3. Dewi Savitri Wahab. Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Denmark merangkap Republik Lithuania, berkedudukan di Kopenhagen.

4. Nana Yuliana. Dubes LBBP RI untuk Republik Kuba merangkap Persemakmuran Bahama, Jamaika, Republik Dominika dan Haiti berkedudukan di Havana.

5. Heri Akhmadi. Dubes LBBP RI untuk Jepang merangkap Federasi Micronesia, berkedudukan di Tokyo.

6. Elmar Iwan Lubis. Dubes LBBP RI untuk Republik Irak, berkedudukan di Baghdad.

7. Iwan Bogananta. Dubes LBBP RI untuk Republik Bulgaria merangkap Republik Albania dan republik Mekedonia, berkedudukan di Sofia.

8. Jose Antonio Morato Tavares. Dubes LBBP RI untuk Federasi Rusia merangkap Belarus, berkedudukan di Moskow.

9. Desra Percaya. Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), berkedudukan di London.

10. Chalief Akbar Tjandraningrat. Dubes LBBP RI untuk Republik Rakyat Aljazair, berkedudukan di Alger.

11. Lutfi Rauf. Dubes LBBP RI untuk Republik Arab Mesir, berkedudukan di Kairo.

12. Rachmat Budiman. Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP berkedudukan di Bangkok. (*)

 

(Sumber : news.detik.com)