Gubernur Jatim Saksikan Penandatanganan Kerjasama Pemkab Ngawi Dengan DKI

Ngawi,Grafikqnews.com - Khofifah Indar Parawansa gubernur Jatim menyaksikan langsung penanda tanganan kerjasama antara Pemkab Ngawi dengan DKI Jakarta.

Pada hari Minggu (25/4/2021), Anies Baswedan gubernur DKI menandatangani kerjasama dengan Pemkab Ngawi dalam mewujudkan resi gudang antara Pemprop DKI dengan Pemkab Ngawi. Dalam penandatanganan MOU tersebut turut hadir dan menyaksikan secara langsung gubernur Jawa Timur. 

"Alhamdulillah Pemprop DKI Jakarta melalui badan usaha milik daerah (BUMD) PT.Food Station Tjipinang Jaya menggandeng Pemkab Ngawi melalui Daya Tani Sembada dan kelompok tani Sido rukun guna memperluas cakupan serapan gabah untuk pasokan beras di Jakarta," jelas Anies Baswedan gubernur DKI.

Dengan telah dilakukannya penandatanganan MOU antara Pemprop DKI dengan Pemkab Ngawi yang diwakili Ony Anwar Harsono Bupati Ngawi merupakan terobosan yang prima dalam mewujudkan kesejahteraan petani Ngawi khususnya petani padi. Dan salah satu harapan dari Pemkab Ngawi dengan berhasilnya mewujudkan kerjasama ini merupakan jaminan untuk produk pangan dari petani Ngawi dijamin akan terbeli.

Orang nomor satu di Ngawi menyampaikan bahwa pada umumnya saat panen raya gabah kering panen dihargai sangat rendah. Dengan tereujudnya kerjasama sistem resi gudang Food Station sebagai pengelola akan membantu menjadi stand by buyer dengan jaminan harga yang baik sehingga para petani tidak perlu susah-susah mencari pembeli.
membangun perekonomian.

"Kita memastikan bahwa kondisi surplus beras di Ngawi juga berbanding lurus dengan kesejahteraan petani Ngawi," terang Ony Anwar Harsono Bupati Ngawi.


Kelebihan dari kerjasama ini dengan menyimpannya diresi gudang petani juga bisa memanfaatkan sebagai jaminan untuk mengambil pinjaman dari lembaga keuangan sebagai pembiayaan pada musim tanam berikutnya. Dengan sistem resi gudang mampu menyimpan rata-rata 600 ton beras, dan target untuk tahun 2021 sebesar 1.000 ton.

"Jadi seperti ada sistem resi gudang dimana gabah petani pasti dibeli dengan harga yang stabil," pungkasnya.(Nal)

Tags: