Gelorakan Semangat Kemerdekaan, Kemenkumham NTB Gelar Upacara Kenakan Baju Adat Daerah

Mataram, Grafikanews.com - Memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke-79, Kanwil Kemenkumham NTB menggelar upacara di lapangan Kanwil Kemenkumham NTB tepat pada hari sabtu 17 Agustus 2024.

Sebagaimana diamanatkan presiden RI Joko Widodo, upacara kemerdekaan dilangsungkan dengan mengenakan pakaian adat daerah yang menggambarkan keberagaman dan Bhinekka Tunggal Ika.

Wishnu Daru Fajar selaku Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham NTB bertindak sebagai inspektur upacara mewakili Kakanwil Kemenkumham NTB Parlindungan, serta Selfario Adhityawan Pikulun selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram bertindak sebagai komandan upacara.

Upacara dihadiri langsung oleh Kadiv Administrasi Muslim Alibar, Kadiv Yankumham Achmad Fahrurazi, Kadiv Pemasyarakatan Herman Sawiran, dan pejabat struktural, administrasi serta fungsional pada jajaran Kanwil Kemenkumham NTB yang seluruhnya mengenakan pakaian adat daerah dari sabang sampai merauke.

Membacakan amanat dari Menkumham Yasonna H. Laoly, Wishnu menyampaikan bahwa tema besar yang diusung dalam memperingati Hari Kemerdekaan ini adalah _Nusantara Baru Indonesia Maju_. 

Tema ini merupakan seruan untuk membangun fondasi yang kokoh bagi masa depan bangsa, di mana setiap elemen masyarakat berperan aktif demi mencapai kemajuan yang lebih baik.


"Saat ini kita memasuki era baru, mari kita pastikan bahwa kita tidak hanya berfokus pada pertumbuhan ekonomi semata, tetapi juga pada penguatan hukum dan HAM," tegas Wishnu.

Setelah dilakukan pengibaran bendera Merah Putih, kemudian dilakukan penyematan tanda penghargaan Satyalancana Karya Satya bagi 3 pegawai yang telah mengabdi selama 10, 20 dan 30 tahun. (Red)

Tags: