Festival Bau Nyale, Sebagai Pembuka Event MotoGP 2021

Rapat Pembahasan Festival Baunyale

Grafika News - Lombok Tengah - Festival Bau Nyale tahun 2020 merupakan salah satu event pemanasan dan pembuka di awal tahun, menuju Road to Mandalika MotoGP 2021. Kegiatan ini menjadi salah satu event untuk meraih target kunjungan juta wisatawan di NTB mencapai 4 juta orang tahun 2020 ini.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB saat memimpin rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan event  Bau Nyale, Kamis (30/1/2020) di Poltekpar Negeri Lombok, di Praya menyebut Wonderful Event Festival Pesona Bau Nyale,  telah masuk dalam agenda Nasional Calender of Event Lombok Sumbawa 2020, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan turist manca negara maupun domistik.

Menurut Faozal, Rangkaian  Festival Bau Nyale 2020 yang dipusatkan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, memiliki beberapa agenda. Diantaranya Photo Contes,  Perisean, Pelatihan Mandalika Go to Shcoel, Dialog Creatif, Kampung Kuliner dan pada malam puncak ada Pemilihan Putri Mandalika dan hiburan rakyat. Selain itu, di lokasi kegiatan juga akan disediakan khusus tempat untuk para UKM menyajikan produk terbaiknya. 

Assisten II Setda Lombok Tengah H. Nasrun menyatakan kesiapan pihaknya menyambut Festival Bau Nyale 2020. Namun demikian ia berharap Kerjasama dan sinergi dari semua pihak untuk ikut mensukseskan event budaya tahunan yang telah menjadi icon masyarakat Lombok itu.

 “Kepada seluruh masyarakat Lombok Tengah dan NTB, mari kita sukseskan avent Nasional ini, sebagai langkah menuju MotoGP Mandalika 2021,” ajaknya.

Ia juga mengakui selama ini,  Festival Bau Nyale setiap tahun selalu digelar di pantai Seger. Namun khusus tahun ini, kata Nasrun dipusatkan di KEK Mandilika karena akses transportasi menuju pantai Seger sedang tahap kontruksi untuk persiapan MotoGP 2021, tuturnya.


Disamping persiapan lokasi, Dirpamobvit Polda NTB AKBP Abi Darrin, mengingatkan pentingnya penyiapan langkah antisipasi terkait isu virus corona dengan akan banyaknya tamu mancara negara yang ingin menyaksikan event budaya maupun internasional lainnya di NTB. "Perlu dari awal dipersiapkan alat-alat dan prosedur terkait penanganan dan penanggulangan penyebaran virus Corona", kata Abi Darrin

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Direktur Poltekpar Lombok NTB Dr. Hamsu Hanafi, MM, ketua tim Penggerak PKK Loteng, GM Angkasa Pura, Direktur ITDC, Dinas lingkup Pemrov NTB dan Loteng, perbankan, pelaku usaha, pariwisata se pulau Lombok NTB. 

Pemerintah secara resmi telah menetapkan tanggal 14-15 Februari 2020 sebagai tanggal pelaksanaan Festival Pesona Bau Nyale tahun 2020. Hal ini berdasarkan Sangkep Warige yang telah digelar para pemangku adat Sasak beberapa waktu lalu di desa Adat Sasak Ende Sengkol Pujut Lombok Tengah. (Ige)

Tags: