Dukung Pemulihan Desa Wisata, MASATA Lombok Tengah Gelar Rakercab

Pengurus DPC Masata Kab. Lombok Tengah berfoto bersama Kadisbudpar Lombok Tengah, Perwakilan Pokdarwis Lombok Tengah dan DPD Masata NTB usai Pembukaan Rakercab. 12/04/2021

GrafikaNews.com - Geliat pembangunan pariwisata di Kabupaten Lombok Tengah mendorong Dewan Pimpinan Cabang Masyarakat Sadar Wisata (DPC Masata) Kabupaten Lombok Tengah segera melakukan Rapat Kerja.

Selain itu, Rapat Kerja Cabang (Rakercab) DPC Masata Lombok Tengah ini juga untuk menindaklanjuti hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Masata di Jakarta pada November tahun 2020 lalu.

Sebagai komunitas pariwisata, Masata saat ini sudah ada di seluruh Provinsi di Indonesia dengan lebih dari 100 DPD/DPC.

"Pasca Rakernas akhir tahun lalu, kami di DPC Masata Lombok Tengah akan melakukan pembinaan kepada 5 desa wisata yang dipilih Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk dikembangkan di Kabupaten Lombok Tengah", ujar Ketua DPC Masata Lombok Tengah Lalu Sandika Irwan.

Sandika juga menjelaskan bahwa DPP Masata sudah melakukan MoU dengan Kemenparekraf RI sebagai mitra program pemerintah untuk membantu mengembangkan Desa Wisata.

"Ada beberapa desa wisata yang kami usulkan tapi dari kementerian hanya memilih 5 lima desa untuk Kabupeten Lombok Tengah", sambung Sandika.


Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa dalam waktu dekat DPC MASATA Lombok Tengah juga akan melakukan MoU dengan beberapa lembaga salah satunya dengan Mandalika Hotel Assosiation (MHA) sebagai bentuk tanggung jawab moral para pelaku usaha pariwisata dalam melakukan pengembangan dan pembinaan terhadap produk-produk UMKM masyarakat dari desa wisata.

Sementara itu, dalam sambutannya H. Lendek Jayadi, MM selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupten Lombok Tengah sangat menyambut baik program-program dari hasil Rakernas maupun Rakercab Masata.

"Tentu selama itu baik untuk pembangunan pariwisata kita, ya selalu kita dukung” ujarnya.

Kadisbudpar juga menjelaskan bahwa pemerintah daerah tidak akan mampu melakukan pengembangan pariwisata daerah ini sendiri, semua stakeholder pariwisata harus ikut terlibat, kita bekerja bersama dan bekerjasama saling membantu.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut, Ketua DPD Masata NTB Aksar DG. Ia menyampaikan bahwa DPD Masata NTB menyambut baik program-program DPC sebagaimana amanah pada waktu Rakernas bahwa Masata ditunjuk oleh Kemenparekraf RI Deputi Bidang Pemberdayaan Sumber Daya dan Kelembagaan untuk melakukan pendampingan, pengembangan dan pemasaran produk-produk UMKM yang ada di Desa Wisata. (Red*)