Dua Desa Bangun Kerjasama Selesaikan Infrastuktur Desa

Grafikanews.com-Banyuwangi- Guna membangun infrastrukur yang menghubungkan desa Tambong dan Pendarungan, kedua pemerintah desa akan membentuk Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD). Pembentukan BKAD akan dinaungi dalam program Pengembangan Infrastuktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) yang merupakan program pemerintah pusat.

"Ini sudah kali kedua kita melaksanakan Program ini, jadi program itu bukan hanya berkaitan proyek saja, tapi mengenai rencana yang di lakukan didalam pemberdayaan, pengelolaan dan lain-lain kedepannya,"kata Fasilitator Masyarakat Program PISEW,Suyono.

Suyono menambahkan, program PISEW di kecamatan kabat sementara ini hanya untuk desa tambong dan dadapan saja.

Lebih lanjut, suyono menjelaskan pembentukan wakil Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) untuk dijadikan pengurus maupun pelaksana operasional di BKAD tersebut melalui pemilihan Musyawarah Antar Desa (MAD) yaitu desa tambong dan desa pendarungan.

“Musdes ini mencari 5 wakil yang akan di utus desa ke MAD, bisa dari unsur pemdes, BPD, LPMD, tokoh masyarakat terutama perlu adanya keterlibatan wakil dari perempuan,"cetus Suyono.

Lebih jauh, suyono menerangkan pembiayaan program PISEW bersumber dari APBN yang ditransfer langsung dari pusat ke rekening BKAD.

"Insyaallah dananya itu 600 juta, untuk DOP nya itu 10 juta jadi tinggal 590 juta itu murni ke BKAD larinya,"kata Suyono.

Sementara itu, Kepala Desa Tambong Agus Hermawan S,Sos, menambahkan arah dari program PISEW itu menuntaskan program infrastruktur jalan yang rusak.(PIKI)

Leave a Reply