DPRD Tanbu Berharap Pembangunan Jalan Bebas Hambatan Banjarmasin-Batulicin Rampung Tahun Ini

Photo Ketua DPRD Tanah Bumbu, H. Supiansyah

GrafikaNews.com - DPRD Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mengharapkan proyek pembangunan jalan bebas hambatan sepanjang 150 kilometer yang menghubungkan Kota Banjarmasin-Banjarbaru dengan Batulicin dapat rampung tahun ini. Mengingat, pentingnya ruas jalan tersebut untuk memangkas waktu tempuh lintas daerah. 

Hal itu diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, Supiansyah, kepada Smart FM di Banjarmasin. 

“Kami berharap di tahun ini jalan bebas hambatan segera rampung sehingga dapat digunakan pada tahun depan,” tuturnya. 

Politikus PDI Perjuangan ini mengungkapkan, keberadaan jalan tersebut akan mendukung upaya pemerintah daerah dalam menumbuhkan perekonomian daerah. 

Terutama distribusi barang dan jasa yang akan lebih maksimal karena waktu tempuh dapat dipangkas menjadi sekitar 2-3 jam, dari yang sebelumnya sekitar 5-6 jam perjalanan. 

Supiansyah juga meminta Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan lebih memperhatikan proyek tersebut dan mendorong pelaksanaannya agar lebih cepat rampung dan dapat digunakan pengendara. 


“Jika infrastruktur tidak baik, maka tidak akan ada yang jalan karena infrastruktur merupakan penunjang ekonomi,” jelasnya lagi. 

Senada dengan Supiansyah, Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan, Muhammad Syaripudin atau yang akrab disapa Bang Dhin, juga menyatakan dukungannya terkait percepatan proyek pembangunan jalan bebas hambatan itu. Terutama setelah dilakukannya pembebasan lahan untuk menunjang pembangunan. 

“Tentunya kita mendukung pemerintah provinsi untuk dapat merealisasikannya,” tuturnya. 

Meskipun harus ada penyesuaian lagi dengan kondisi keuangan daerah yang mengalami keterbatasan akibat refocusing anggaran untuk penanganan COVID-19 dan juga bencana banjir beberapa waktu lalu. 

Namun setidaknya, dirinya berharap proyek tersebut dapat masuk prioritas pemerintah provinsi, apalagi Badan Anggaran DPRD Kalimantan Selatan juga telah melakukan pembahasan pada tahun lalu terkait dengan hal itu. 

“Kami juga berusaha agar beberapa proyek jalan strategis dapat masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN), sehingga bersama-sama gotong-royong dalam pembangunannya,” pungkas Bang Dhin. 

Seperti diketahui, selama ini jarak tempuh dari Kota Banjarmasin menuju Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu hanya ada satu jalur, dengan waktu tempuh yang lama. 

Hal ini mengakibatkan distribusi barang dan jasa yang tidak maksimal serta berdampak pada pengembangan daerah pesisir. (Red*)

 

 

 

 

(Dok: sonora.id)

Tags: