DPRD Minta BSI dan Pemkab Koordinasi Terkait Akses Jalan

Banyuwangi, Grafikanews.com-Komisi IV DPRD kabupaten Banyuwangi meminta pihak PT BSI dan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga kabupaten Banyuwangi segera berkoordinasi guna mengatasi kerusakan jalan menuju tumpang pitu.

“BSI harus memikirkan sarana prasarana infrastruktur jalan di wilayah dapil empat dan harus ada peningkatan kelas jalan,”kata Ketua Komisi IV DPRD Banyuwangi, Fiki Septalinda saat dihubungi via selulernya kala meninjau lokasi jalan di beberapa titik di daerah selatan Banyuwangi, Jum’at (16/4/2021).

Kontur tanah diwilayah dapil empat yang meliputi kecamatan Bangorejo, Gambiran, Purwoharjo, Siliragung, dan Tegalsari imbuh Fiki, rata rata merupakan tanah gerak. Karnanya Fiki menilai, konstruksi jalan di wilayah dapil IV sudah selayaknya menggunakan cor beton dan tidak lagi menggunakan hotmix.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Banyuwangi H. Danang Hartanto ST menegaskan pihaknya sudah melakukan koordinasi intensif dengan pihak BSI.

“ pemeliharaan jalan sudah dilakukan BSI sepanjang 4 km dari pancer hingga ke tumpang pitu dengan konstruksi cor beton, tahun ini akan dikerjakan lagi sepanjang 2 km,” tegas Danang.

Pengerjaan pemeliharaan jalan dibiayai dan dilaksanakan sendiri oleh pihak BSI sedangkan dinas PU Bina Marga hanya merencanakan.


“kita menerimanya hibah barang, teknis pelaksanaannya BSI sendiri,”ungkap Danang.

BSI sendiri imbuh Danang, secara bertahap akan melakukan pemeliharaan jalan setiap 3 bulan sekali diwilayah 5 kecamatan itu.

“kalau hanya mengandalkan anggaran APBD untuk pemeliharaan jalan 5 kecamatan yang hanya 200 juta per tahun jelas tidak mencukupi, namun yang pasti pihak BSI dan kami terus berkoordinasi,”pungkas pria kelahiran Yogyakarta itu.(AM)

Tags: