Dompu Dilanda Banjir, Gubernur NTB Tinjau Lokasi dan Menyerahkan Bantuan

Gubernur Dr. Zulkieflimansyah meninjau langsung lokasi banjir di Desa Daha, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu.

GrafikaNews.com - Gubernur Dr. Zulkieflimansyah didampingi Bupati Dompu, Kader Jaelani meninjau langsung lokasi banjir di Desa Daha, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu. 

Diinformasikan, banjir terjadi pada hari Minggu, 28 Februari 2021, Pukul 01.30 Wita.

Gubernur NTB menghimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap bencana banjir, longsor dan angin kencang yang kapan saja bisa terjadi. Karena mengingat curah hujan yang akhir-akhir ini semakin tinggi.

"Masyarakat harus terus meningkatkan kewaspadaan akan bencana akibat curah hujan yang begitu tinggi di musim ini," himbau gubernur disela-sela kunjungannya.

Selain itu, gubernur juga menyerahkan bantuan kepada warga korban banjir, diantaranya;

- Mie instan 100 dus


- Air mineral 35 dus

- Terpal 50 unit

- Selimut 50 pcs

- Paket sandang 25

- Family kit 10

- Perlengkapan bayi 5

- Paket kebersihan 5

- Baju smu 7 lusin

- BH 45 pcs

- Tikar 5 lembar

- Masker kain 2000  

Penyebab banjir dikarenakan karena tingginya intensitas hujan, banyak lahan tandus akibat penebangan liar sehingga mengurangi penyerapan air tanah, serta banyaknya penumpukan sampah di area aliran sungai yang mengakibatkan terjadinya pendangkalan dan penyumbatan aliran air sungai.

Daftar beberapa dusun dan korban terdampak banjir, diantaranya:

- Dusun daha barat "sebanyak 105 kk terdampak"

- Dusun sori rewa "sebanyak 85 kk terdampak"

- Dusun Asi peke "sebanyak 50 kk terdampak"

- Dusun Daha timur "sebanyak 40 kk terdampak"

- Dusun Tolo ndaja "sebanyak 80 kk terdampak"

- Dusun Tolo rodi "sebanyak 63 kk terdampak"

- Dusun Fo,o kompo "sebanyak 20 kk terdampak"

Dilaporkan, sebanyak 36 unit rumah hanyut dan satu fasilitas umum seperti masjid mengalami kerusakan di bagian pagar. Banjir juga merusak lahan pertanian seluas 50 ha dan saluran irigasi sepanjang 50 m rusak berat.

Pihak BPBD Kabupaten Dompu telah melakukan penanganan awal korban terdampak banjir dengan mendistribusikan logistik serta penyaluran air bersih untuk warga terdampak banjir. BPBD Dompu juga selalu melakukan monitoring melalui media sosial untuk memantau perkembangan saat ini, dan menyiagakan personil untuk mengantisipasi kejadian-kejadian lain yang sewaktu-waktu akan terjadi.

Semoga para korban banjir diberi ketabahan dan kesabaran oleh Allah SWT. Semoga bencana cepat berlalu dan masyarakat bisa kembali melakukan aktivitas seperti sedia kala. Amiin. (*)

Tags: