Dilema Corona Rutan Praya di Bulan Puasa.

Warga Binaan Pemasyarakatan Praya Menjalankan Ibadah Bulan Suci Ramadhan.

Grafika News - Lombok Tengah - Semangat Warga Binaan Pemasyarakatan Rumah Tahanan Negara Praya (WBP Rutan Praya) dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1441 H menjadi sebuah dilema.

Hal ini disebabkan oleh larangan dari pemerintah untuk tidak melaksanakan kegiatan berkumpul guna memutus rantai penyebaran Covid-19, sedang disisi lain Pihak Rutan juga harus menghormati hak untuk menjalankan ibadah Warga Binaan sesuai keyakinannya.

Lalu Hizbullah, bagian humas Rutan Praya menjelaskan bahwa, masalah akidah dan agama merupakan hal yang sensitif, dapat memicu gangguan keamanan dan keteriban.

"Menyikapi hal tersebut, pihak Rutan menegaskan bahwa masalah akidah dan agama merupakan hal yang sensitif, dapat memicu gangguan keamanan dan keteriban. Oleh sebab itu, ibadah tetap dilaksanakan namun tehnis dan aturannya yang berbeda" terangnya

Ibadah Bulan Suci Ramadhan seperti sholat tarwih, tadarus Al-Qura'an agak berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini, seluruh aktifitas keagamaan dikelola secara mandiri oleh majlis taklim At-Taubah Rutan Praya tanpa melibatkan pihak luar, termasuk Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah. (Eff) 

Leave a Reply